Kalo
ngomongin soal vespa pasti identik dengan sesuatu yang antik dan klasik karna
memang begitulah vespa. Sedikit sejarah tentang vespa. Vespa pertama kali di
buat sekitar tahun 1945. Vespa berasal dari kata ‘wesp’ yang artinya menyengat.
Jika diperhatikan dari bagian atas konstruksi vespa seperti lebah atau serangga
penyengat. Vespa di produksi di Italia yang kemudian beredar di daratan Eropa. Seperti Perancis, Inggris,
Jerman, Brasil bahkan India. Vespa juga di produksi di Jerman. Pabrik
pertamanya di Italia yaitu Piaggio yang pada awalnya membuat onderdil kereta
api, pesawat terbang, kapal dan lain-lain. Bahkan vespa pertama rodanya adalah
roda pesawat terbang dengan bodi alumunium seperti pesawat terbang. Vespa masuk
ke Indonesia pertama kali saat presiden manghadiahi prajurit yang berjuang di
Congo. Dengan demikian istilah Vespa Congo pasti dikenal di kalangan pecinta
vespa. Sejak saat itu vespa mulai menjadi alternatif kendaraan beroda dua yang
di pilih oleh masyarakat.
Di
masa sekarang ada banyak komunitas kendaraan bermotor. Salah satunya SOG
(Scooter Owner Group) pusatnya di Bandung dan keanggotaannya sampai ke
Singapore dan Malaysia. Indonesia juga katanya salah satu surganya vespa. Mulai
dari yang paling tua sampe yang paling baru ada di Indonesia. Komunitas ini biasanya
melakukan touring ke berbagai tempat atau mengadakan berbagai acara amal. Yang
pastinya berbagi informasi tentang vespa. Ada beberapa alesan kenapa orang
milih vespa (berdasarkan survey dari 3 orang temen gue pengguna vespa : Burhan,
Ahong dan Faqot). Gini katanya :
1. Ga
punya duit buat beli motor mahal :D
2. Gaya
abis sepanjang masa.
3. Sesama
pengguna vespa punya solidaritas yang tinggi, salah satunya kalau mogok di
pinggir jalan jangan takut ga ada yang nolongin.
4. Keitung
aman meskipun di simpen di pinggir jalan. Yang penting jangan lupa buat ngunci
stang. Dan ga semua orang tau gimana cara nyalain motor vespa.
5. Anti
polisi. Emang jarang denger atau liat kalo pengguna vespa kena tilang, meskipun
ga ada spionnya.
6. Daya
tarik para wanita galau.
7. Yang
paling penting, klasik, unik dan romantis :)
Setau
gue vespa emang ga terlalu mahal kaya motor bebek biasa. Temen gue beli ada
yang mulai 2,5 jutaan kalo ga salah. Meskipun motor tua dan kadang-kadang mogok
tapi vespa termasuk yang gampang perawatannya. Diliat dari bodinya juga
termasuk gampang di cuci karna onderdilnya di tutupin bodinya. Temen gue juga
jarang ngeluh tuh soal vespanya. Tapi, buat masalah onderdil rada susah
nyarinya katanya. Kadang harganya juga rada mahal. Bengkel khusus vespa juga
jarang. Biasanya yang ada label Piaggio nya. Burhan pernah bawa ke gunung, ga
gunung” amat sih. Cuman bisa juga di bawa di jalan yang jelek atau nanjak.
Karna
gue suka nebeng Ahong gue juga tau kalo vespa isi bensin mesti di campur apa ya
oli samping kalo ga salah. Katanya biar g gampang rusak mesinnya. Terus emang
solidaritas diantara pengguna vespa tuh tinggi. Ahong sering banget nyapa
pengguna vespa lain di jalan, padahal ga kenal sma skali. Dan pengguna vespa
itu juga dengan ramah slalu membalas senyum atau sapaan Ahong. Brother, itu
panggilannya. Mereka juga ga segan-segan buat nolong yang lagi mogok, karena
katanya yang punya vespa itu alatnya beda sama motor biasa. Pernah suatu hari
Ahong dengan sok gaya ngebalap motor Ninja. Syuuuung ninja ke susul. Di dukung
sama pernyataan Faqot ternyata vespa emang bisa ngebalap ninja. Ahahah g ngerti
apa penjelasannya, ada tentang banlah, cc lah, 4 tak lah. Iya aja deh gue ga
ngerti. Ahahah. Tapi kayanya soal yang ini gue di tipu deh. Ahaha :D
Ternyata
ketiga-tiganya berfikir sama kalo vespa itu identik dengan romantisme. Kalo
Burhan alesannya seneng aja ngeliat pasangan-pasangan yang make vespa. Keliatan
deket satu sama lain katanya. Terus berasa di bawa ke tempoe doeloe.
Hoehoehoe.. :D Lain lagi sma Ahong yang punya trik licik. Dia bilang letak
romantisnya adalah saat naek motor berdua sama cw terus motornya mogok. Itu
buat ngetes kesetiaan seorang cw (dan kesabaran tentunya, udah naek vespa,
mogok, ujan lagi. Huahahahah). Kenapa gue bilang itu trik licik? Karena
peristiwa mogok itu adalah rekayasa semata. Ahahah. Burhan belum pernah
ngalamin kaya gini, Faqot juga karna punya vespa setelah single. Jadi
sepertinya trik Ahong ini bakal jadi inspirasi buat mereka. Buat gue romantisme
sebuah vespa ituuu...
Kamu
datang, mengetuk pintu rumahku.
Terima
kasih kau turut serta membawa senyum manismu.
Di
balik sekuntum bunga ......
Si
merah.
Vespamu
yang setia.
Membawa
kita menyusuri jalan itu.
Kita
melawan angin sayang.
Lembutnya
ia membelai wajahku.
Tawamu
terdengar renyah saat itu.
Membuatku
tersipu mendengarnya.
Aroma
lautan.
Ombak.
Camar.
Suara
pengiring perjalanan.
Lihat.
Lihat
matahari itu sayang.
Seolah
tersenyum dan bersembunyi malu.
Dia
iri rupanya.
Pantai.
Matahari terbenam. Ngobrol di atas vespa. Ditemenin suara” lautan. Aromanya
yang berbeda. Dan ada kamu (entah siapa) disampingku. Ehehhe mungkin
kedengarannya biasa aja, tapi buat gue yang lebih suka pantai hal itu bisa jadi
sangat berbeda. Vespa. Klasik. Unik. Romantisme. Begitu ceritaku. Apa
ceritamu??? #ngiklan
Vespa Faqot Vespa Ahong
Bumbleblue 1995 No Name 1994
2 komentar
ahh si_ujang eweuh gambarna euy :(
ahhaha ada ketang, tapi ada akunya.. aaah era :D mana atuh c ujang na??? geus d tebus ncaaaan???
Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^