Jogja. Rakornas dan Cinta yang Tertunda (Part 3)


Besoknya lagi” kita harus bangun pagi. Tapi pas kita di bis Iqbal sama Uki, delegasi UNHAS pamit pulang duluan. Katanya mereka masih ada kuliah hari senin, jadi ngejar pesawat yang minggu sore kalo ga salah. Ya udah setelah kita salaman mereka kita tinggalin di AWW dan kita diajakin ke Joglo Tani. Sumpah bagus banget tempatnya, kalo mau belajar praktek pertanian di sini tempat yang tepat. Kuliah itu bukan cuman teori tapi benar” praktek di lapangan. Selain itu juga kita akan diajarkan dasar” kehidupan berdasarkan nilai” agama. Kita keliling ke beberapa pos, ada pos pestisida nabati, pupuk cair, tempat penetasan telur bebek, dan lain”. Memang jalnnya agak jauh dan panas banget. Tapi ga sia” karna kita dapet banyak ilmu bermanfaat.


Misalnya gue baru tau kalo untuk mengendalikan tikus bisa dipake bau”an. Misalnya bau bawang putih, atau bau baju yang ga di cuci selama sebulan. Ahahha. Jadi kita tinggal jalan aja di sawah. Tikus ga suka bau manusia, makannya dia nyerang bagian tengah sawah karna bagian itu jarang dilalui manusia.

Selesai keliling” kita istirahat di Joglo. Makan siang abis gitu ada tanya jawab. Gue lupa siapa nama bapa yang punya. Tapi kata”nya bener” inspiratif banget (meskipun gue udah lupa apa kata”nya.. eheheh. Kalo ada yang inget tolong ingetin yaaa). Dia bukan sekedar pengajar, tapi dia juga motivator yang bagus. Dia sosok yang kebapakan dan tegas banget sama mahasiswanya. Pertanian bukan basic pendidikannya, tapi dia selalu mau belajar. Bahkan dulunya dia pelatih bulu tangkis kalo ga salah. Sangat memalukan ketika justru kita yang akan menjadi sarjana pertanian tidak peduli terhadap dunia pertanian.

Gue juga udah bercita-cita suatu hari harus punya lahan yang luas. Mau gue tanemin berbagai macam jenis tanaman. Buah”an, sayuran, taman bunga, peternakan sapi dan kolam ikan. Pengen juga bisa punya pesantren, jadi biar santri”nya yang ngelola lahan tersebut (aminin ya teman”. Eheheh. Amiiin).

Pertanian. Tanah. Tumbuhan. Udara. Matahari. Dan air. Adalah sumber kehidupan. Kita tidak bisa tanpanya. Tanpa para petani yang bekerja keras, mau makan apa kita? Tanpa ilmuwan yang berfikir, mau jadi apa kita? Dan kita akademisi, sudah seharusnya banyak belajar. Dan tidak seharusnya berhenti belajar. Meskipun kita berkecimpung di dunia pertanian, bukan berarti kita hanya harus belajar mengenai pertanian. pertanian itu luas, bukan hanya tentang bercocok tanam. Tapi bagaimana cara mengelola hasil dan menjaga keseimbangan lingkungan. Bukan hanya keuntungan semata yang dicari. 

Oh iya, waktu itu Teddy, rezka sama Nuri pulang duluan karna ada keperluan besoknya. Jadi mereka naek kerata yang jam 11 siang kalo g salah. Mereka pulang duluan, bahkan ga sempet keliling” ke pos”. Agak sedih juga pergi bareng” tapi pulangnya misah”. Jadi sisanya tinggal ber7, dan laki”nya tinggal Waly n Faqot.

Pas mau naik ke bis. Srepetan (istilah anak UB buat pdkt) Ary sama Ika makin menjadi. Ahahah. Udah berani ngobrol gitu deh di depan umum. Ahaha. Kita nontonin mereka aja, ga tau juga ngobrol apa. Kayanya sih tukeran nomer hape deh. Ehehh. Cieee... serepetan Shauma sama Ucu juga makin lengket. Di bis duduk bareng aja, kemana” bareng aja. Eheheh. Dari Joglo Tani kita jalan” juga akhirnya. Tempat pertama yang dikunjungin itu dagadu. Gue ga beli apa” karna harganya mahal. Sedangkan di Malioboro dengan bahan yang sama bisa dapet harga yang jauh lebih murah. Lebih banyak pilihan juga.

Dari dagadu kita ke pabrik Bakpia. Di sna kita liat proses pembuatan bakpia dari mulai cuci kacang ijo sampe proses pengemasan. Buanyaaaak banget pegawainya. Lagi” gue ga beli apa” karna udah sering nyoba. Kaka sering dapet kiriman dan d kirim lagi ke rumah gue. malah gue bisa rekomendasiin beberapa jenis makanan yang udah pernah gue coba. Dari situ pada shalat ashar dulu terus dilanjut ke Malioboro. Rada muter” nyari parkiran karna lagi rame banget. Tapi sebelum muter” kita shalat maghriib dulu biar tenang muter”nya.

Pas lagi jalan ke malioboro gue sempet jalan bareng Chakra. Ngobrol” soal makassar. Suka maen kmna aja dia di sana. Tapi belom pernah ke trans studio katanya karna ga suka tempat” kaya gitu. Yaah biasalah anak lelaki emang kaya gitu. Ehehe. Tapi ga tau gimana kita tiba” misah. Gue sama rombongan anak” Unpad. Kecuali Shauma sama Ucu, srepetan masih berlanjut. Ahahah. Kita di temenin sama 2 orang panitia, Dhenok sma mas siapa ya lupa?? Eheheh :p. kita beli beberapa barang, ada yang beli rok batik, gelang, syal batik, sendal, dll. Udah cape dari sana kita ga ikut pulang ke wisma karna mau di jemput sama senior kita (Kang Nino, 2004) yang kerja di Jogja. Jam  9 kita dijemput di depan kantor pos.

Dari situ kita makan oseng” mercon. Sumpaaaaaaaaaaaaaah pedeeeeees banget. Sampe bikin pusing dan perut mules. Ahaha. Tapi mancaaap. Bikin nagih. Eheheh. Kita di suruh nginep di rumah kang Nino, jadi kita di anter ke wisma buat bawa barang”. Untung pas pagi” kita udah packing jadinya tinggal ngambil aja. Ucu g ikut karna katanya dia mau pulang besok pagi. Kita pamitan sama temen” yang ada di wisma. Iks iks bakal lama ga ketemu lagi. Dari AWW kita ke wisma PU tempat nginepnya anak laki”. Tempatnya enaaaaaaaak banget. Rapih, sepi, dan bagus. Uhuhuhu. Tapi rada serem juga kalo malem. Eheheh. Di sana nunggu Waly sama Faqot beres” dulu. Terus kita pamitan sama temen” yang lain. Ika di kasih kesempatan dulu buat ngobrol sama Ary. Cieee. Ahahaha.

Sampe rumah kang Nino kita bersih” dan tidur karena besoknya mau main. Ahah udah nebeng ngerepotin pula. Rencana awalnya kita mau brangkat jam 5 pagi dan bilang sanggup. Ternyata boro” jam 5 mah baru bangun. Ahahh. Akhirnya kita berangkat dari rumah skitar jam 7an. Kita nganter dulu Kang Firman ke tempat kerjanya. Kasian deh 2 minggu sebelumnya baru kecelakaan dan katanya tangannya patah. Tapi pasti sekarang udah sehat. Kita ke pantai Baron, rada jauh tempatnya tapi mantap banget deh. Ga nyesel jauh” ke sana. Pengen banget berenang tapi udah ga ada baju lagi. Eheheh. Kita Cuma ngerjain Nunuy karan waktu itu udah mau deket ulang taunnya dia. Jadi deh ika berenang sama nunuy ber2.

Dari Baron kita pulang dulu, kasian yang basah bajunya di suruh ganti dulu. Sekalian bawa tas juga karna mau pulang langsung nanti malem. Dari rumah kita makan soto dulu. Enyaaaaaaaakk. Dari situ langsung ke kota, belanja oleh” lagi di bakpia Djava n ke Cokro telo. Gue pulang duluan karna mau terus ke semarang, ke tempat kaka gue. jadi gue dianter sampe terminal dan yang lain lanjut jalan sambil nunggu loket dibuka. Tiba” mellow di bis waktu ada pengamen nyanyiin lagu Kla Project. Huaaaaaah di tambah liat mobil kang Nino udah berangkat.

Langsung flash back ke kejadian selama 3 hari ini. Waktu mulainya seneng. Waktu di jalanin ga ada beban. Ko pas udahan agak nyesek ya? Mereka orang” baru, baru 3 hari kenal. Tapi rasanya udah kenal lama. Apalagi buat yang kmaren pada srepetan, pasti lebih sakit kalo harus pulang. Padahal baru aja deket. Atau baru aja mau mulai deketin. Dan kita harus terpisah jauh lagi, balik ke Medan, Bogor, Bandung, Malang, Purwokerto, Makassar, Tanjung Pura, dan tetap berada di Jogja. Tapi sejauh apapun kami berpisah itu tidak bisa membuat kami lupa akan kenangan yang telah terbentuk. Silaturahmi akan terus terjalin. Jangan. Jangan sampai putus. Meski hanya 3 hari, Jogja dan jalanannya menjadi saksi pertemuan kita. Meski kita berpisah dan cinta kita tertunda tapi itu tak mengapa. Kelak jika kita berjodoh maka kita akan bertemu lagi di lain hari :)

3 hari.
Untuk selamanya :)


oia ini link buat download notulensi dan hasil rakornas..


Jogja. Rakornas dan Cinta yang Tertunda (Part 3)
Item Reviewed: Jogja. Rakornas dan Cinta yang Tertunda (Part 3) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!