Taare Zameen Par (Every Child Is Special)

sebetulnya film ini udah lama banget, dari tahun 2007 tapi aku baru nonton 2012 dan di bulan september, ehehehe. ceritanya tentang seorang anak bernama Ishaan (Darsheel Safary), dia anak kecil nberumur 8 tahun tapi memiliki kemampuan diatas rata-rata anak 8 tahun. dia disleksia. yang sudah pernah tau mungkin gak asing dengan istilah ini, tapi yang baru denger pasti bingung. disleksia itu adalah   gangguan belajar pada seseorang yang menyebabkan kesulitan dalam mengeja, menulis atau dalam beberapa kasus juga kesulitan dalam hitungan. 

biasanya penderita disleksia kesulitan membedakan huruf yang terbalik antara d, p, b atau 6, 9, 8, hal tersebut tentu saja mempengaruhi kemampuan menulis mereka. bagi Ishaan tulisan yang ia baca seperti menari, karena memang begitulah yang terlihat oleh penderita disleksia. tulisan seperti bergerak kesana kemari, mungkin karena pengaruh bentuk dari huruf-huruf itu sendiri. selain kesulitan mengeja, menulis dan behitung. seorang disleksia juga kurang bisa memperkirakan jarak, misalnya mereka tidak tau kemana arah melempar bola, seberapa besar tenaga yang harus dikeluarkan dll. terlalu sulit untuk mengkoordinasikan itu semua.

orang tua Ishaan tidak tahu bahwa anaknya disleksia. yang mereka tahu Ishaan hanya lambat dalam belajar dan nakal. padahal Ishaan bukan nakal, ia hanya memiliki imajinasi yang berbeda dari anak kebanyakan. ia begitu pandai mengomposisikan warna, ia pandai melukis dan sangat suka menggambar. Ishaan sangat berbeda dengan kakaknya yang selalu juara kelas dan pandai di bidang olahraga. akhirnya kedua orang tua Ishaan memutuskan memasukkan Ishaan ke asrama laki-laki untuk mendisiplinkan Ishaan. namun hal tersebut membuat Ishaan semakin memburuk. ia merasa sendirian dan tidak disayangi.

suatu hari ada seorang guru kesenian baru, Nikumbh (Amir Khan), dia berbeda dari guru lainnya. sangat perhatian, lucu dan selalu punya cara yang unik dalam mengajar. Nikumbh menyadari bahwa ada yang berbeda pada diri Ishaan. ia begitu tertutup terhadap orang lain. Nikumbh mulai mencari tau dengan memeriksa buku pelajaran Ishaan, mendatangi keluarganya dan menjelaskan keadaan Ishaan yang sesungguhnya pada keluarga Ishaan.

Ishaan hampir dikeluarkan dari sekolah, tapi Nikumbh berusaha keras mempertahankan Ishaan. karena sebetulnya Ishaan tidak membutuhkan sekolah khusus. dia hanya membutuhkan perhatian dan waktu belajar tambahan. Nikumbh mengajari Ishaan menulis, melatih Ishaan membaca dan juga berhitung. ternyata Ishaan bisa, dan metode yang digunakan adalah metode bermain. belajar menghitung dari anak tangga. belajar menulis sambil melukis dll. Ishaan berhasil melewati ujian sekolah, ia bisa menulis dan berhitung sebagaimana layak anak seusianya. Ishaan juga menjuarai lomba menggambar yang diadakan Nikumbh.

setiap anak. mereka begitu unik. dengan caranya. dengan kemampuannya. tidak perlu menyangkal bahwa mereka berbeda. hanya harus menerima dan mencari bahwa mereka memiliki keistimewaan sendiri. hanya harus tau bagaimana mengoptimalkan kemampuan istimewa mereka. jangan jadi menutup mata lantas tidak mau tau dan malah jadi memaksa si anak. hal ini akan membuat kondisinya semakin memburuk dan memperlambat perkembangannya. kasih sayang dan memberikan perasaan tenang mungkin membuat si anak merasa nyaman terhadap dirinya sendiri.

normal dalam ketidaknormalan.


***
"Let me in without a shout, Let me in I have a doubt, There are more, many more, Many, many, many, many more like me"

"Life is really not about getting the top grades and competing with others, don't try stretching all the fingers; they might break! Sometimes in life, it is healhty to be slow and dumb."

Taare Zameen Par (Every Child Is Special)
Item Reviewed: Taare Zameen Par (Every Child Is Special) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

I know this if off topic but I'm looking into starting my own blog and
was wondering what all is required to get set up? I'm assuming having a blog like
yours would cost a pretty penny? I'm not very internet smart
so I'm not 100% sure. Any recommendations or advice would be greatly appreciated.
Appreciate it

Also visit my web page :: largest law firms in toronto

Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!