Kita dan Bromo ;) (Part 1)

Ternyata 4 tahun itu lama yah? harga tiket kereta Pasundan (Bandung-Surabaya) ternyata sudah naik 2 kali lipat. hahaha. terakhir aku pake kereta Pasundan harganya 58.000 (yakali 2009) tapi ternyata sekarang 120.000. mungkin ada kenaikan harga juga karena waktu itu sedang libur panjang. masih tetap 18 jam perjalanan, berangkat jam 6 pagi dan sampe di Surabaya jam 12 malam. tapiiiii suasana di dalam kereta jauuhhh beda sama 4 tahun lalu, sekarang kereta ekonomi Pasundan sudah punya AC, semua penumpang harus duduk, bahkan kereta disapu beberapa kali supaya tetep bersih. restorasi juga beroperasi secara maksimal karena tukang dagang tidak bisa sembarangan masuk, tapi untungnya tukang pecel Madiun masih boleh masuk. heheheh.

gara-gara foto ini jadi di bilang si Kertosono :(
 
Sampe di Surabaya kita langsung berangkat ke terminal Bungurasih, karena perjalanan harus dilanjut ke Probolinggo. sebelumnya sempet ngopi di depan stasiun Wonokromo, sambil merhatiin pedagang kaki lima yang masih rame dikerubungin pembeli. mulai dari sepatu sampe hape second semua dijual disana. mungkin karena baru selesai hujan, Surabaya jadi gak begitu panas malem itu. kurang lebih 15 menit kita sampai di terminal Bungurasih dan langsung naik bis AKAS, bis ini sebenernya tujuan ke Jember atau Banyuwangi tapi lewat Probolinggo. ongkosnya ternyata cuma 15.000 padahal waktu aku browsing katanya sampe 25.000. perjalanan Bungurasih-Probolinggo sekitar 3 jam.

Aku pikir di terminal Probolinggo bakal banyak traveller yang mau ke Bromo, ternyata sepiiii. karena kalau sewa Bison (sebutan angkutan khusus ke Bromo, semacam elf) harganya 300.000 dan kita cuma berdua, akhirnya kita mutusin buat pake ojeg. gak bisa ditawar :( jadi ongkos per orangnya 100.000. yaaah jam 4 subuh ngojeg ke Bromo lumayan juga yaaah dingin :( tapi ini worth it loooh, supir ojegnya ngebuuuutttt, di jalanan yang belok-belok dan gelap, naik turun, jadi memacu adrenalin ><"

Sampe di Bromo sekitar jam 5 subuh dan masih harus nyari penginapan karena waktu itu sebagian besar penginapan udah penuh, di booking dari jauh-jauh hari sebelumnya, banyak rombongan juga sih. Alhamdullillah kita masih dapet penginapan di Tengger Permai, kalau hari biasa cuma 125.000 tapi karena peak season jadinya 175.000. tempat tidurnya ada dua, lega juga, cuma agak kurang terawat :( kamar mandinya share, ya ampuuuunnnn airnyaaaa lebay banget dinginnya :( biarpun dingin tetep mesti mandi meskipun udahnya jadi menggigil :(

Anehnya di kamar gak ada terminal, jadi kalo mau ngecas harus di rumah makan yang disebrang penginapan. ngecas, gratis sih kalo nginepnya di Tengger Permai, aman juga karena dijagain sama ibunya. sekitar jam 10 perut mulai keroncongan, jadi sambil jalan-jalan sambil cari makan. di kaki gunung Bromo, ternyata sebagian masyarakatnya juga petani, disana banyak ditanam bawang daun, bagus-bagus looh. tapi sayang kalau untuk kubis kayanya terlalu dingin jadi banyak yang kena penyakit (bakteri, mungkin Xanthomonas).
 
Kita juga tadinya mau jalan ke Bromo, harga tiket masuknya cuma 6.500 tapi karena siang itu berkabut dan ternyata agak jauh juga kalau harus jalan kaki kita putusin buat berangkat besok subuh karena kita juga udah booking ojeg. di banding dengan Jeep, aku lebih milih pake ojeg. karena lebih murah 150.000 dan lebih santai aja bisa berhenti dimana kita mau. harga ojeg 200.000 untuk 4 tempat, Pananjakan 2, kawah Bromo, pasir berbisik dan padang savana (bukit teletubbies). ojegnya on time, jam 4 teng kita udah di jemput didepan penginapan dan langsung berangkat bareng rombongan yang lain.

Bromo si Pemalu :D
(Bersambung)

-eF-
 
"aku kanan, kamu kiri, mungkin perlu begitu untuk bisa berjalan bersama"
Kita dan Bromo ;) (Part 1)
Item Reviewed: Kita dan Bromo ;) (Part 1) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!