Gue Si Doyan Makan (Part 1)


Gue orangnya doyan makan. Termasuk yang suka nyoba macem-macem makanan,meskipun bentuk atau warnanya ga jelas. Kecuali makanan yang haram, ane ogahgan :D. Dose hukumnye. Ehehhe :D nii ada beberapa macem makanan yang pernah guecoba.
Yang pertama nasi BOOM. Ini gue makan waktu backpackers samatemen-temen ke Bali. Waktu itu di suguhin sarapan beginian. Bungkusannya gede.Pake daun pisang. Di kira nasi apa, ternyata isinya semacam urab sayuran pakebumbu kelapa. Terus ada bumbu pecelnya sama kerupuk kulit gitu (kalo di Sundanamanya kurupuk rorombeheun. Ahahah). Ga ada daging apapun, karna kita muslimjadi yang punya rumah takut kita ga percaya sama jenis daging yang merekakasih. Keliatannya biasa banget. Tapi pas di cobain, alamaaaaaaak iya aja deh.Puedeeeesss booookkk. Itu sambel pecel bukan sembarang sambel. Pedesnyalumayan. Waktu itu makanan gue ga abis karna kepedesan. Nasinya grih giitu kayadi kasih santen, kaya nasi uduk gitu lah. Usut punya usut (ciaelaaaaah) paskita di ajak makan malem yang punya rumah cerita kenapa itu makanan di kasihnama nasi BOOM. Karena saking pedesnya, abis makan kita bisa langsung nge‘BOOM’ ahahah dan emang iya juga sih, ga lama abis makan perut langsungmelilit-lilit. Gue ga tau harganya berapa tapi mungkin sekitar 6000 an lah.

Masih di Bali juga. Kita di ajak makan di simpang apa ya waktu itu guelupa banget. Dari B pokonya kalo ga salah. Semacam angkringan kali kalo diJogja mah. Di kanan kiri kita bisa liat babi guling. Hiiiiiiy sumpah buat yangini gue ngeri sendiri. Loe tau g? Matanya di congkel terus di jait, udah gitulidahnya menjulur keluar udah kaya apaan tau. Mengkilat dan kadang di lalerin.Lebih horor lagi yang udah d potong sebagian-sebagian. Konon katanya temen gueyang nasrani nii babi guling enak, gurih. Hhmmmh iya aja deh gw :p. naah diangkringan itu kita makan nasi ayam. Jadi tuh nasi segunung, ayam di suir-suirtrus di aduk bumbu pedes gitu (diaduknya pake tangan telanjang bok). Sepertibiasa di kasih urab-uraban dan kerupuk sama kuah pedes warnanya kuning (taukkuah apa, yang penting Bismillah dulu makannya). Dan lagi-lagi makanannya pedeseeuuuyyyy. Tapi enak ko. Pedesnya pedes cabe rawit gitu. Jarang makerempah-rempah kayanya, lebih suka pake bahan seger gitu. Minumnya es teh biasatapi pake jeruk, plus di cemplungin potongan jeruknya. Ahahah :D
Naaah dari Bali kita mampir Lombok. Tapi, sayang banget di sana gasempet nyoba makanan khas Lombok kaya ayam taliwang dll. Kita malah makanmakanan Thailand. Ahahha. Nasi goreng pattaya gitu dah. Ga terlalu enaksebenernya. Kata temen gue yang pernah masak harusnya bisa lebih pedes danlauknya lebih banyak. Harganya 9000 apa 12.000 gitu waktu itu lupa. Tapilumayan buat ganjel-ganjel perut mah.

Sekarang kita lompat ke Jogja. Gue suka makanan pedes tapi suka jugamasakan Jawa yang manis-manis (kaya gue :p). gudeg. Udah pasti makanan khasJogja. Ada gudeg Yuk Jum yang enak. Di kemas pake kendi dari tanah liat gitu kalobuat di bawa pulang. Rasanya sih sama aja kaya gudeg pada umumnya. Cuma bedanyaada merk nya doank, eheheh. Gudeg Jogja itu manis, ga ada pedes-pedesnya meskipunada kerecek kerupuk kulitnya. Isinya ya nangka muda, terus biasanya ditemeninpindang telor, atau ayam. Naah gudeg ini lebih maknyooosss kalo udah dimasakberhari-hari. Hmmhh 2 hari palingan, jadi bumbunya bener-bener udahmeresaaaappp. Gue sih suka tapi temen-temen ada yang ga suka juga. Gudeg didepan Malioboro enak juga. Trus minumnya es kelapa jeruk. Hedeeeeh mancaaapp,gulanya di sana pake gula merah cair gitu. Jadi pokonya endang markondang. Esjeruk sama gudeg itu paling ngabisin duit 10.000 sampe 12.000 aja.

Terus ada nasi kucing. Pertama denger apa coba nasi kucing? Ternyata nasiyang porsinya buat makan kucing. Ahahah pas buat mahasiswa yang g punya duit.Harganya 1500 doank, lauknya kadang sambel teri atau cuman sambel doank. Tapi bisapake gorengan yang rata-rata harganya gopek an atau 2000 3 biji. Lumayanlahkenyang (di tambah makan ati soalnya :p). minumnya paling pas kopi joss. Yangpernah ke Jogja tau donk. Banyak tuh di angkringan deket stasiun tugu. Makinmalem makin rame cuy :D. Mahasiswa, yang ngamen, turis—turis juga kadang-kadangada. Ada yang kopi item biasa, ada jugakopi susu. Buat gue sih ga ada bedanya rasanya. Paling dari aroma ada bau-bauareng (ya iyalaaaah). Jadi, kopi joss itu kopi yang di cemplungin areng yangudah di bakar. Katanya (dan setelah gue rasakan) si areng ini bisa nguranginkadar asam dari kopi jadi relatif aman buat yang punya penyakit maag. Gue rasajuga gitu, kalo gue minum kopi yang biasa suka langsung sakit maag gue. Tapipas minum kopi joss mah g sakit. Enak aja yang ada. Eehehehheh. Segelas itu3000-4000 kalo ga salah.

Terus ada oleh-oleh baru nii khas Jogja. Kalo biasanya bakpia atauwingko nii ada makanan olahan dari tepung singkong. Macem-macem produkolahannya. Ada cake misalnya. Cake ini rasanya macem-mace ada yang original,kopi, blueberry, dll. Bahan utamanya dari tepung singkong. Harganya yang kecilitu 9000 dan yang besar 25.000 kalo ga salah. Kata temen-temen gue sih enak.Karna gue ga suka kue bolu jadinya gue ga makan cuman beli buat oleh-oleh aja.Terus ada es krim singkong juga, 3000 1 cup. Enak ko, macem-macem rasanya adastoberi, coklat,dll. Gue juga nyoba beli nata de cassava. Jadi itu semacam natade coco tapi di buatnya dari singkong. Seger kalo dingin. Dari semua olahanmakanan yang terbut dari singkong ini rasanya ga begitu manis. Kata si empunyatoko sengaja dibikin kaya gitu biar yang makan ga bosen karna terlalu manis.Oia buat bolunya itu lebih enak kalo dingin, itu sih kata kaka gue yang makanitu bolu ga berhenti-berhenti. Blueberry rekomended. Nama tokonya lupa tapi biasadi sebut Cokro, waktu itu gue beli yang di jalan cokroaminoto, tapi banyak jugako di cabang lain. Ada 9 cabang kalo ga salah. Tapi makanan ini Cuma bisa ditemuin di Jogja. Sengaja ga buka cabang dimana-mana biar tetep jadi oleh-olehkhas Jogja.

Masih do Jogja tapi yang ini beda dari makanan Jawa pada umumnya. Kalobiasanya manis. Yang ini mah pedeeees luar biasa. Namanya oseng-oseng mercon,huahahaha. Waktu itu gue makan di oseng mercon 66 kalo ga salah. Itu deket kodari Malioboro. Alamaaaak itu bukan oseng daging pake cabe. Tapi oseng cabepake daging. Ahahaha. Temen gue aja yang doyan pedes nyerahnya cepet banget.Paling baru 3 suap. Mana nasinya panas lagi. Hidiiiih pedesnya sih cepet ilangtapi bener-bener rasanya mulut kaya kebakar. Lebih meledak lagi minumnya tehanget. Buaaaaah udah kaya naga tuh mulut keluar asep. Ga lebay gue beneran dehbuat yang suka pedes mesti nyoba ini makanan.

Naaah kalo di Semarang makanan khasnya lunpia sama bandeng presto.Lunpia di Semarang isinya pake rebung cuy. Buat yang ga doyan pasti bakal gasuka karna ninggalin bau di mulut yang lumayan lama. Gue nyoba lunpia gorengnyaNy. Oen. Deket stasiun Tawang tokonya. Harganya 8000 tapi cukup buat berdua.Ukurannya lumayan gede ko. Isinya macem-macem, ada yang udang, ayam atau dagingcincang. Es krim dari Toko Oen juga enak ko. Karna mereka bikin sendiri eskrimnya sesuai resep turun temurun. Tapi rada mahal harganya. Hmmmhh make sensesih, ga pasaran rasanya. Kalo bandeng ya Juwana juaranya. Udah kesohorkemana-mana. 50000/5 biji. Udah tinggal sreeeeng di goreng. Sambelnya juga udahada tinggal colek ajah. Pake nasi anget ngeunaaaah seuhaaaaah.
Kalo di Cirebon lain lagi. Ada empal getong sama nasi jamblang. Empalgentong sih isinya jeroan sama daging-dagingan. Naah kalo jamblang itu kanpohon jati. Ternyata nasi jamblang adalah nasi yang di bungkus sama daunjamblang a.k.a daun jati. Gue makan yang deket pelabuhan. Tempatnya kecil, tapibuseeet kalo pagi rame amat orang sarapan abis pada olah raga. Murah sihsoalnya. Waktu itu gue makan nasi pake sate telor n udang cuman 6000. Porsinyapas buat sarapan, ga gitu banyak tapi ngenyangin. Oh iya tahu gejrot mantaptuh. Tapi gue ga suka kalo pake bawang merah, bau :p.
Geser dikit dari Cirebon ada Kuningan. Di sini mah yang enak tutut nyaeuy sama rujak kangkung. Tutut itu keong kecil-kecil warna item yang suka adadi sawah ata kolam ikan. G beracun dan ukurannya juga ga gede kaya keong racun.Bumbunnya itu bumbu kuning biasa aja. Kalo sambel kangkung yang populer namanyaRujak Kangkung Cibingbin. Pedeeeeeessss. Sambelnya itu gula, terasi, garem,cabe rawit, sama asem jawa. Paling enak makannya sambil fish terapi. Sensasiserangan dari atas bawah. Ahahah mancaaaap. :D
Kesannya gue promosi ya nyebut-nyebut merk. Ahahah ga ko, cuman ngasihsaran aja barang kali mau beli. Itu yang enak. Masih banyak makanan nusantaralainnya yang bisa di coba. Gue pengen banget nyoba makanan daerah IndonesiaTimur. Di daerah asalnya pastinya. Kalo macem-macem makanan mah di bandung jugabanyak, lebih inovatif lagi rasanya. Tapi kan kalo makan di tempat asalnyalangsung mah beda. Eheheh.

Indonesia
Kata lagu apa aja bisa tumbuh di Indonesia
Indonesia
Tanahku tercinta
Mau makan apa saja ada
Dari Sabang sampai Merauke
Cita rasanya berbeda
Beras
Jagung
Sagu
Apapun terasa nikmat di lidah
Asalkan kita
Ada di sini
Di Indonesia :)
Gue Si Doyan Makan (Part 1)
Item Reviewed: Gue Si Doyan Makan (Part 1) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Itu tempat yg kaya' angkringan dengan babi guling di sana sini namanya "Pasar Senggol" fan..
haha
gw ngga akan lupa dah klo tempat makanan

yang malem" itu ya vidy?? yang kita makan nasi ayam bukan c?? iya pasar senggol Gianyar, gw udah inget..

Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!