Ramadhan Sekarang, Ramadhan Dulu (Part 1)

udah ketemu sama beberapa orang dan semuanya berpendapat sama kalau Ramadhan taun ini berasa cepet banget. menurut aku sih salah satu penyebabnya ya aktivitas kita. kalau taun kemarin aja, abis saur bisa tidur lagi dan bangun siang sekitar jam 9. sekarang mana bisa? abis saur, jam 6 udah harus siap2 mandi buat berangkat kerja, nanti pulang kerja buka bentar langsung tarawih, terus maksimal jam 10 udah tepar aja karena kecapean. belum lagi kalo udah ada acara buka bareng, waktu makin cepet aja berlalunya.

jadi inget sekitar 13 tahun yang lalulah, mulai dari sd sampe sma. waktu sd sama smp ada buku Ramadhan donk ya? kita harus ngisi ceramah dan disuruh minta tandatangan penceramah dan cap mesjid kalau ada. aku dulu paling males, pengen cepet beres akhirnya aku nulis ceramah dari tv, saking banyaknya ceramah di tv, jadi dalam satu minggu, buku Ramadhan udah penuh sama ceramah. trus trik buat minta tanda tangan adalah, pura2 gak tarawih 3-4 hari jadi sekalinya minta langsung 3-4 tanda tangan. ahahahah. alhasil dalam dua minggu buku Ramadhan pun sudah penuh.

terus dulu rajin banget ikutan pesantren kilat, karena pesantrennya diadain sama sekolahan, paling lama juga seminggu. bahkan waktu SD pesantrennya itu disatuin dalam satu ruangan (dua kelas di satuin) waaah kebayang kan ricuhnya kaya apa? aku dulu suka duduk paling belakang, ada salah satu lagu yang aku inget sampe sekarang, lagunya nyeritain tentang solat subuh.. kira-kira gini "Asshalattu khairru minna naum (Ya Sallam), lebih baik solat ketimbang tiduuuurrr" heuheu yang lainnya gak hapal lagi. kadang-kadang sekolah SD juga ngadain lomba busana muslim. aku pernah ikutan sekali dan kapok. jadi panggungnya tuh disusun dari meja-meja dan pas giliran aku nampil eeeeh kejeblos deh karena mejanya rapuh --" malu banget, sampe nangis dan pas disuruh naik panggung lagi aku gak mau. padahal baju muslimnya dibuatin mama dan disiapin dari jauh-jauh hari.

waktu SD kalau tarawih ke mesjid pasti bawa makanan, bukannya shalat malah main2 aja, lari2 kesana kesini. aku sama temen2 suka bawa mie, terus kita remukin dan makan di mesjid, karena makannya sambil lari-lari jadi itu makanan berantakan dimana2, pulangnya kita suka dimarahin. kapok? gak pernah tuh, ahahaha. besokannya lagi malah jajan cimol, cakue, atau maen petasan dibelakang mesjid. naah lain lagi pas udah smp, udah mulai ngeceng guru ngaji atau pemuda mesjid. kalo pas sma udah gak ada buku ceramah gitu, jadinya udah mulai serius buat tarawih dan dengerin ceramah.

dulu, setiap bulan Ramadhan, mesjid selalu rame sama anak2. mulai dari pesantren kilat sampai perlombaan. ada lomba ngaji, adzan, qasidah dll. tapi sekarang jauuuuhhhh banget bedanya. entah kenapa, anggota DKM yang udah pada tua ini ngelarang ada pengajian anak2, bahkan dihari biasa. kenapa? bukan karena gak ada atau gak sanggup bayar guru ngaji, toh guru ngaji selalu ada dan sifatnya sukarela. alesannya adalah karena snak2 suka berisik. sedih gak sih? belum lagi kalau lagi tarawih, anak2 selaluuuuu di marahin. padahal mengajarkan anak ibadah dari usia dini itu penting, kenapa mereka gak dibolehin aja ikut tarawih tapi di dampingi sama orang tuanya, biar ada yang ngontrol.

jadi, makin lama mesjid di rumah aku makin sepi aja. gak pernah ada kegiatan atau anak2 yang tarawih di mesjid itu. sedangkan kondisi yang jauh berbeda terjadi di Makkah/Madinah. anak2 mulai dari bayi udah dibawa ke mesjid untuk ikut shalat sama orang tuanya. dan ketika adzan anak2 yang lagi tidur itu dibangunin, supaya tau bahwa ketika denger adzan yuk mari kita shalat dan begini loh shalat itu. mau anaknya nangis sepanjang shalat, lari2 kesana kesini, berisiknya minta ampun, gak pernah ada yang marah, bahkan orang tuanya sendiri. jadi aku gak ngerti kenapa anak2 selalu dimarahin bahkan dilarang ngaji di mesjid. padahal sengaja dibikin lantai 2 yang tujuan awalnya untuk tempat anak2 ngaji, laaah sekarang malah gak pernah dipakai sama sekali. mubazir kali ya namanya.

di mesjid manapun biasanya sama, makin Ramadhan mau habis, makin sepi juga mesjidnya. tapi minimal kalau ada anak2, shaf nya masih sampe teras mesjidlah. ini mah setelah anak2 sering dimarahin, mesjid itu cuma dalemnya aja yang diisi, bahkan gak lebih dari dua shaf. memang warga di komplek rumahku udah manula semua, gak ada remaja mesjid yang biasanya berinisiatif ngadain ini itu, kalaupun ada kadang ditanggapi sinis. yaaah beginilah sekarang, Ramadhhan dulu dan sekarang beda banget rasanya. tapi, Insya Allah, setiap Ramadhan akan berkesan. semoga amal ibadah kita bisa diterima oleh Allah SWT. amiiiin :)
no image
Item Reviewed: Ramadhan Sekarang, Ramadhan Dulu (Part 1) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!