Rendezvous (Cogreg I'm In Love 1)

kemarin pas mantengin TL baca tweet temen katanya baru pulang kkn, tiba-tiba jadi flashback ke dua taun yang lalu, sekitar bulan juli 2010 aku juga berangkat kkn. dari awal pas pendaftaran online tuh udah rebutan banget, tapi karena niat dari awal (dan disuruh mamah) akhirnya aku kelempar ke tasik. pas liat daftar nama temen kkn nya ternyata banyak juga yang kenal, yang satu jurusan malah ada 3 orang, ahahah. pertemuan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda, loh kok ngiklan? :D pembimbingnya dari fakultas peternakan, kalo temen satu desanya ada dari fakultas teknik industri pertanian (FTIP), fakultas keperawatan (FKep), fakultas sastra (Sastra Sunda n Sastra Jepang) dan aku sendiri dari fakultas pertanian (FAPERTA). total pesertanya ada 16 orang.

pertama kali ketemu itu cuma nentuin siapa kordes (koordinator desa) sama perangkatnya dan perlengkapan yang bakal dibawa. dan kordes yang kepilih adalah temen aku namanya Eki daaaaan dia orang medan. ahahah bayangkan kkn di sunda tapi kordesnya orang medan, untung ada Iyank anak sastra sunda, jadi kalo giliran ngasih sambutan diserahin ke Iyank atau Andi. sebelum berangkat kkn, kita cuma ketemu dua kali kalo gak salah tapi meskipun cuma dua kali kita sama sekali gak canggung, malah kaya udah lama kenal aja, bisa dibilang kompak dan hampir gak pernah berselisih. oke, jadinya kita berangkat sekitar tanggal 2 juli, kita udah disuruh kumpul dari pagi banget, yaaaahhh ampun itu buanyak banget orang, yang mau nganter yang mau berangkat sama banyaknya. gak terlalu bingung nyari karena setiap desa udah ditentuin tempat nunggu bisnya. entah kenapa bis kita datang terlambat karena bisnya baru datang dari jogja, orang udah berangkat dari jam 7 pagi, kita baru berangkat jam 9.. eeaaaaa..
sebelum berangkat kita foto-foto dulu donkz :D dan liat deh kita bawa galon gitu :))

perjalanannya ruuuaaaaarrrr binasaaaaa.. kurang lebih 7 jaman dengan jalan yang belok-beloknya bikin mual. seminggu pertama kita disana, bikin susunan acara untuk 1 bulan dan ngadain sosialisasi ke kantor desa. ternyata eh ternyata dari rumah tempat kita tinggal ke kantor desa itu jauh looohh, 7 km ajah, udah gitu jalannya ajaib jelek banget belom lagi kalo udah banjir jadi banyak 'balong' (kolam ikan). sejauh 7 km itu bukan perumahan semua, jadi selang seling, rumah - hutan - rumah - hutan dan kalo pulang malem agak horor :D
ini habis sosialisasi sama perangkat desa..
kalau yang ini abis ngadain penyukuhan tentang kesehatan dan pijat bayi
kita juga ke sekolah-sekolah n madrasah buat sosialisasi aksara sunda
yang ini mah seru-seruan aja sama anak2 tk kalo lagi senggang :D
ini acara GONG nya kita ngadain lomba tradisional
namanya KAUL (kaulinan urang lembur), lombanya ada tok-tak, egrang dll. seru banget, karena selain sama warga kita juga ngundang temen2 kkn dari desa sebelah :p aku gak terlalu ngikutin perlombaannya, soalnya aku harus masak karena bais perlombaan mau ada acara makan bareng sama desa sebelah di rumah kita.
BALE RANCAGE
selain kegiatan diatas, kita juga ngadain penyuluhan tentang pertanian gimana caranya bikin pupuk organik dan di rumah kita bikin Bale Rancage, ternyata sambutannya positif dari masyarakat sekitar. bale rancage itu semacam tempat curhatlah buat warga, masalahnya macem-macem ada yang diskusi soal pertanian, soal dunia pendidikan atau ada yang sengaja dateng cuma buat ngopi sama maen gaple :)) di desa kami mah gak ada UNO, paling banter kegiatan kalo lagi nganggur ya main karambol, gaple, kartu remi sama bekel :D

selama disana kegiatan kita berkunjung dari satu dusun ke dusun lain, dan kalau malem rutin dateng ke acara rajaban di mesjid satu dan lainnya. kalau ada kegiatan atau kunjungan ya kerjaannya cuman 1.. MAKAN !! dateng kerumah kepala dusun makan, rajaban makan, diundang kerumah yang ini makan, kerumah yang itu makan, maka selama KKN saya tambah gembrot, seriusan deh T.T
main bekel, dan kok gak segampang waktu sd yah :/
numpang makan :D
Ngejarah Balong tetangga belakang rumah :D
di desa kita ada yang namanya pacilingan, jadi kamar mandi yang pembuangannya ke balong, otomatis si ikan makan kotoran manusia :)) saya bukan salah satu yang bermasalah, asal ikannya bersih sih ya makan aja :D tapi temen aku ada yang sampe muntah dan gak maumakan ikan lagi selama disana. tapi kalo balong yang punya tetangga ini mah bukan pacilingan. selain dapet ikan, kita juga dapet tutut (keong yang bisa di makan, berukuran kecil dan berwarna hitam).
nih kalo makan begini, gimana gak pengen nambah terus coba? padahal lauknya cuman ikan asin, tahu tempe sama lalaban, temen aku mah sampe darah tinggi gara2 makan ikan asin terus :)) tensinya sampe 15 donkz.. konsepnya ngirit abis, sehari untuk 3 kali makan seorang cuman bayar 2000 rupiah, gak percaya? yah emang gitu, tapi bukan berarti kita gak makan daging, sekali2 makan ayam juga kok :D heuheu.. dimana aja, meskipun lauknya itu2 aja tapi kekeluargaannya yang bisa bikin nikmat :)

di akhir2 mau pulang, setelah semua kegiatan selesai kita jalan-jalan, ke pangandaran sama ke curug dendeng. kita berangkat jam 3 subuh sengaja pengen ngejar sunrise di pangandaran, niatnya sih motong jalan ternyata jalannya malah lebih butut lagi huahahahah jadinya gak dapet sunrise dah.. karena belum sarapan akhirnya kita gelar tiker di pinggir pantai, sarapan ditemenin riak ombak dan semilir angin pantai. ahiiiiwwww..
 tah jam 3 subuh ge tetep we foto heula :))
kita sengaja banget bekel nasi sama lauk, gak lupa tiker n galon :D
sama halnya dengan ke pangandaran, ke curug dendeng juga kita ngebekel makanan :)) malah karena kita dianter pemuda desa jadi mereka bawain kita gawegan (degan, kelapa muda) sama sengajain motong ayam n bawa bakar ikan. ckckck baiknyaaaa.. oh iya meskipun jauh dari pantai tapi disana banyak banget pohon kelapa, kapanpun dimanapun tinggal bilang dan pasti dipetikin, FREE looh, kalo di kota kan minimal 5000 an :D curug dendeng itu keren, lebar dan ada 4 undakan gitu, pemandangan selama perjalanan juga gak kalah keren, sawah, sungai, bukit, pokoknya indah :p kita jalan kaki dan perjalanannya lumayan jauh, sekitar 2 jaman lah.
 Tuh liat itu degan di gotong2 gantian :D
Untuk panorama, keindahan alam n tentang desa cogreg bisa temen2 baca di sini ..
yang ini nih pas lagi main ke desa sebelah, di desa sebelah ini ada ehem ehem :p
selama di cogreg aku jatuh cinta, dengan alamnya, dengan keseharian masyarakatnya yang bersahaja. sejak subuh dan sepulang sekolah anak2 pergi ngaji, setiap jumat sore ibu2 ngadain pengajian, masak bareng, dan gak jarang juga kita ngerepotin mereka cuma buat numpang mandi karena di rumah kita susah air. cogreg desa dengan banyak pacilingan, bak mandi yang sekaligus kolam ikan, kelapa muda yang bisa ditemuin dimana aja, ada bakso depan kecamatan yang yahud, gak ada warnet, tapi punya infocus n screen buat nonton bola bareng. cogreg yang jarak dari satu dusun ke dusun lainnya jauh, jalannya jelek dan awal kedatangan kita gak disambut dengan ramah sama perangkat desa. cogreg yang punya kolam renang luas dan bagus tapi gak ada pengunjung (karena pernah ada yang meninggal). pertama kali nyobain makanan pake kecombrang ya di cogreg, sayur asem, rujak dll dimasaknya ditambahin kecombrang, awalnya gak suka karena wangi tapi lama-lama aku jatuh cinta. sampe sekarang belum nemu lagi makanan yang pake kecombrang.

cogreg, aku jatuh cinta :)
kadang aku rindu, rumah itu dan segala isinya..
almarhum Pak Nana, Teh Aat, Indri, Indra n Aki
ibu dan bapak kepala dusun yang selalu dirumpangin makan
tetangga yang selalu direpotin dan diabisin airnya buat mandi n nyuci
sampai 2 tahun ini, aku masih belum kembali kesana
semoga.. segera :)

Ini mobil bak Pak Ipin dan jadi Official Car kita kemanapun kita pergi, bahkan ke pangandaran yang perjalanannya 4 jam aja kita nekat pake mobil ini, panas, hujan tancap abis :D
Rendezvous (Cogreg I'm In Love 1)
Item Reviewed: Rendezvous (Cogreg I'm In Love 1) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Halo teteh. Karena udah numpang baca blognya, aku mau ikutan comment dlu deh :)
Aku kebetulan KKN di desa cogreg tahun ini
Jangankan teteh yang udah KKN 2 tahun lalu, aku yang baru pulang aja udah kangen.Jadi iseng2 googling Cogreg deh.hehe
Pas aku ke sangkali, kang anas(masih inget g teh?) slalu ngmngin KKN teteh loh. Katany malah masih contact2an sama kordesny teteh.
Jalan ke Cogreg skrg udah enakeun loh teh.masih belok2 tapi udah g jelek.
Oh iya teh.skalian mau ngasih tau kalo kita minjem data di blog kkn teteh tntg curug dengdeng.soalny kita g kesampean kesana..makasih banyak teh.hehe
Mau numpang ngoment itu aja deh.hehe.kapan2 mungkin bsa kali ya teh ke cogreg bareng2 #sakingcintanya? :P

* Ai : hai ai :D hwaaaaah salam kenal ya.. dirimu dari fakultas mana?? iya inget kang anas yang pake kacamata kan? itu sodara temen aku.. aduuuuh seru deh pengen ngobroal soal cogreg :D

Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!