Suku Baduy, Suku Pejalan Kaki (3)

~kenyamanan mestilah seperti jalanan datar, tapi hidup tentang naik dan turun~

menuju Desa Baduy Dalam kita melewati beberapa jembatan yang terbuat dari bambu. jembatannya tidak bisa dilewati oleh orang banyak sekaligus, apalagi berpapasan di tengah jembatan sambil bawa barang. dibawahnya sungai mengalir deras, aku sempat melihat kebawah dan jembatannya jadi berasa maju. Astagfirullah aku buru-buru merem dan liat kedepan. bambunya licin dan lagi-lagi masih juga gerimis. makin banyak yang jalan makin goyang-goyang itu jembatan. aduuuh gimana ini caranya biar cepet sampai di ujung sana? Bismillah, dan kemudian jalan cepat.
ini salah satu jembatannya

malem makin gelap, hujan masih juga belum berhenti. diantara aku, kedua temenku dan Haimin gak ada yang bawa senter, lagi-lagi kami kepisah dari rombongan di belakang tapi untungnya di belakang juga ada guidenya. Alhamdullillah jam setengah 7 kita sampai di perkampungan. gak tau mau apa kita cuma bisa planga plongo dalam kegelapan. akhirnya ada Saptari yang nawarin kita tidur di rumahnya. waaah lagi-lagi Alhamdullillah. jadilah aku n rombongan pindah lapak ke rumah Saptari. rumahnya luas, dan cuma ada 1 kamar. dapurnya yaa di dalam rumah, masaknya pake kayu bakar. lampunya cukup pake sumbu yang kemungkinan minyaknya minyak jarak, dari warnanya sih sama sekali bukan minyak tanah.

pendatang dilarang mandi di Desa Baduy Dalam, jadi kita cuma lap-lap badan dan ganti pakaian kering. habis itu kita shalat dan dimasakin makanan. mie yang kita bawa dimasak, ibu Saptari juga masakin kita sarden dan nasi. kita makan bareng-bareng sambil ngobrol dan ketawa-ketawa. ternyata Saptari pernah ke Jakarta, kadang mereka di undang untuk ikut pameran, mereka bawa hasil kerajinan yang mereka buat sendiri. naaah kalian tau? mereka jalan kaki loooh ke Jakarta, makan waktu 2 hari setengah !!! HEBAT !!!

karena kita udah cape banget dan badan pegel setengah mati akhirnya kita tidur, meskipun sama-sama susah tidur tapi kita sama-sama menikmati suasananya. lampu sumbu yang redup, suara gemericik hujan, tidur beralas lampit dan bantal bersarung karung plastik. duuuh kapan lagi ini suasana bisa dirasa.

sejak jam 3 pagi ayam udah berkokok dibawah rumah. kenceeeeng bukan main. akhirnya jam setengah 5 kita bangun karena harus solat subuh. pengen pipis dan pipislah kami di pinggir rumah. ada aliran air yang ngalir, tanpa tutup, tanpa sekat, pipis dalam gelap gulita dan berdoa semoga gak ada yang keluar rumah. Alahamdullillah aman. kita wudhu dari air yang ditampung di katel. mungkin kalau mereka dipakai untuk minum ya. kalau mau buang air besar harus turun ke kali di bawah, aliran airnya cukup deras, tanpa tutup, tanpa sekat, Alahamdullillah saya gak pengen BAB --"

selesai solat subuh kita beres2 barang bawaan, dikira bakal jadi ringan ternyata malah jadi tambah berat karena baju basah. lagi-lagi kita dimasakin nasi, mie dan cornet yang kita bawa. kita makan secukupnya yang penting ada energi untuk jalan nanti. eeeeh Saptari malah gak sarapan, dibilangnya kalau sarapan nanti malah gak kuat jalan. ajaib yaa sungguh kebalikan. heheh.

pagi-pagi perempuan Baduy pergi ke ladang, yang remaja tinggal di rumah ngurus adik atau mungkin anaknya. yang udah agak tua numbuk padi atau bikin kain tenun. penghasilan utama mereka sebenernya bukan dari ladang, kalau hasil panen berlebihan baru mereka jual, ada pisang, ubi, singkong dll. hasil menjual kerajinan dan kain tenun sepertinya jauh lebih menguntungkan, bonus2 jadi porter dan guide juga cukup lumayan. aku sering denger kalau sistem pertanian suku Baduy itu terkenal. aku perhatiin mereka nanam padi gogo atau padi huma. dan memang begitulah mereka konsisten dengan tradisinya, pada sawah baru terlihat jaudh diluar Baduy Dalam. gak di buat sengkedan atau semacamnya, mereka nanam sesuai kontur tanahnya, irigasi juga seperlunya. karena air akan mengalir dengan sendirinya dari atas bukit ke bawah. gak ada selang atau pipa, palingan hanya tanah yang dibuat cekungan.

kita start dari sana jam 8 pagi, katanya mau ke jembatan akar. curi-curi denger warga agak gak yakin gitu ngajak kita kesana, katanya jaraknya lebih jauh dari jalan pergi kemarin, udah gitu kalau abis ujan jalannya licin, dan itu lewat ke hutan. ooh ya mau apalagi kata panitianya gak boleh misah, jadi kami geng bontot ini ikut rute itu juga akhirnya. ternyata emang bener jalanannya licin dan lagi-lagi ketemu tanjakan yang super banyak :(
The team  (kiri-kanan) Kak Dwi, Saptari, Kang Onell, Teh Dikna, Bapaknya Saptari, Indri, Kak Ira
Saptari semalem gak tidur dirumah tapi dirumah temannya, dia bilang ini malem minggu jadi galau. buahahaha gitu tuh udah terkontaminasi istilah "orang kota". jadi sepanjang jalan kita becandain dia aja soal galau-galau itu. warga Baduy itu baik, ramah dan welcome sama pendatang. cuman gak sembarang orang bisa masuk kesana, hanya wisatawan domestik aja yang bisa masuk kesana. wisatawan mancanegara cuma boleh sampe Baduy Luar aja. agak useless aja gitu udah jauh-jauh lewat jembatan akar tapi kita gak turun ke jembatan karena ngerasa udah gak sanguup lagi kalau nanti ketemu tanjakan. akhirnya sekitar jam setengah 1 kita sampai di tempat elf. yang mau beli oleh2 ya pada belanja, kita sih cuma duduk2 aja karena udah cape banget. akhirnya elf berangkat jam dua kurang.
wuuuuussssss
dadah Saptari, dadah Namong, dadah Jakri, dadah Haimin..
oia kita sempet istirahat di salah satu desa. dari awal kedatangan kita nemu banyak banget durian. dimana-mana durian. ternyata harganya cukup murah, 15.000 untuk dua kepala. rasanya enaak, dagingnya lumayan tebel, gak terlalu manis dan baunya juga gak menyengat.



Suku Baduy, Suku Pejalan Kaki (3)
Item Reviewed: Suku Baduy, Suku Pejalan Kaki (3) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!