Tips n Trik Travelling (2)

oke di part yang kedua ini mau nge share tentang travelling hemat. iya kalau di part 1 kemarin tentang barang bawaan, di part 2 ini tentang keuangan. naaah lagi-lagi berkaca dari pengalaman pertama backpacking, untuk kegiatan travelling selanjutnya aku bisa lebih ngatur keuangan karena uang adalah salah satu faktor yang sangat penting waktu travelling :D

1. pilih angkutan dengan biaya termurah, mulai dari kelas ekonomi, tiket promo, voucher, patungan sama temen atau nebeng, eheheh. selama masih bisa jalan kaki dengan jarak yang gak terlalu jauh, meningan pilih jalan aja, terutama untuk tempat wisata yang ngumpul di satu areal tertentu, kaya kawasan malioboro, asia afrika-braga, dll

2. jangan beli oleh-oleh waktu pertama kali sampai di tempat tujuan. kecuali kalau emang cuma sehari aja disananya. sebaiknya beli oleh-oleh di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh karena harganya lebih murah. pilih juga oleh-oleh yang berukuran mini dan harga lusinan, heheh. selain gak makan tempat juga gak nguras kantong. kalau aku sih sebisa mungkin ngehindarin titipan ini itu dari orang, apalagi yang belum ngasih uangnya :p jangan lupa di tawar sampe dapet harga semurah-murahnya.

3. kurangi beli cemilan, karena meskipun terkesan murah tapi dengan porsi yang kecil jadi bikin kita pengen terus-terusan ngemil. bawa botol air minum, nanti bisa diisi ulang di tempat kita makan :D hehehe, hemat kan gak usah sering-sering beli air minum?

4. sebaiknya gak nyimpen uang di satu tempat yang sama. ini sih tips biar aman aja, jadi di split ke beberapa tempat. sediain uang secukupnya di kantong kecil, sisanya bisa di simpen di beberapa tempat, tas besar,  kaos kaki, celana dalem, eh? hmmh untuk antisipasi kalau kehilangan uang masih ada simpenan di tempat lain, gitu juga sama atm baiknya di simpen di tempat yang lebih aman.

5. naah kalau untuk penginapan yang paling utama sih coba cari kenalan dulu. jadi bayarnya bisa pake traktir makan atau ucapan makasih :D hihih, kalau gak ada pilih hostel, hostel itu biasanya 1 kamar di share ada yang 6 bed-12 bed. kalau hotel pilih aja yang kelas melati atau hotel-hotel murah banyak juga yang dibawah 100.000 tapi udah cukup nyaman. cuman perhatiin juga faktor lingkungan dan keamanan sekitar penginapan.

6. aku sih biasanya bawa lauk makan n nasi timbel dari rumah. jadi untuk makan dua hari aja sih gak ngeluarin uang, lumayan kan? kalau harus beli makan pilih tempat makan yang sekiranya murah tapi jangan abaikan faktor kebersihan, soalnya kalau travelling harus pinter-pinter jaga kesehatan. karena aku pemakan segala, jadi gak masalah kalau harus makan di warteg atau warung pinggir jalan.

7. naaah kalau aku sih menyesuaikan tempat liburan dengan kondisi keuangan, bukan menyesuaikan keuangan dengan tempat liburan. ngerti kan maksudnya? ngerti lah yah.. please :D

8. jangan lupa pulsa harus selalu siap sedia. bukan apa-apa, buat ngehubungin keluarga atau teman terdekat. yakali ada keadaan darurat semacam keabisan ongkos di jalan :D

yaa mungkin segini aja dulu ya?
aku rasa juga udah cukup sih kalau soal keuangan.
happy backpacking all :D


Tips n Trik Travelling (2)
Item Reviewed: Tips n Trik Travelling (2) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Hehehe, akhirnya posting juga si teteh. terimakasih tetehhh.. :D
dari dulu smester 1 pada pengen bgt backpackeran ke jogja, tapi pasti masalahnya selalu waktu, uang sama kadang gak ada nyali. hahaha.
no action talk only.
pengen sekaliii aja travelling backpackeran. :(

jadi kangen ngetrip, udah lama ga kemana mana, hiks....

Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!