Sakit Gigi? Latihan Jaga Lisan :)

Subhanallah, Alhamdullillah,
lagi sakit gigi, nikmatnya nyuuut nyuuutan.. linu banget, gak bisa kumur pake air dingin, gak bisa minum air panas, sikat gigi aja harus pake air anget, ngunyah cuma bisa di sebelah kanan. emang sih aku tuh dulu males banget yang namanya sikat gigi, tapi setelah gigi makin banyak yang bolong, banyak yang di tambal aku mulai rajin sikat gigi, emang telat tapi ya apa boleh buat daripada semakin rusak kan?

1 gigi udah di cabut, geraham atas yang paling ujung di bagian kanan, bolongnya udah gedeeeee banget, bahkan waktu dicabut ternyata ada infeksi di ujung akarnya, sampai nembus sinus, jadi wajar aja waktu aku kumur-kumur abis di cabut darahnya keluar dari idung juga.. di geraham kiri bawah tambalan dari waktu smp jebol, akhirnya di tambal ulang tapi sebelumnya di rawat syaraf dulu biar nanti gak infeksi dan sakit, di semprot cairan dingin dan rasanya linu, makannya di rawat. total sekarang ada 6 gigi yang udah ditambal.

tambalan geraham kiri atas lepas, tambalannya gedeeee banget, padahal baru 1 tahun tapi udah lepas, maklum yang nambal temen co-ass, haha jadinya mungkin belum terlalu pengalaman. akhirnya aku ke dokter gigi dan minta tolong di tambal ulang, aku minta di rawat syaraf juga karena sering ngilu gak tahan, tapi dokternya bilang gak usah di rawat, jadi waktu itu cuma di semprot-semprot dikit, di kasih antiseptik dan di bor buat di rapihin, langsung deh di tambal. abis itu di kasih kapsul gak tau kapsul apa, tapi katanya di minum hanya pas ngilu aja. tapi gak aku minum karena gak tau itu obat apa, ngeri juga sih jadinya.

belakangan ini, dua geraham sebelah kiri yang udah di tambal tadi sering banget sakit, ngilu, tapi sakitnya ngerembet sampe setengah rahang sebelah kiri, gigi2 lain kalau di teken juga jadi sakit. aku tiba-tiba inget sesuatu, dulu aku pernah di rontgen dan hasil diskusi dengan dokter gigi, ternyata rahang aku itu sempit, ada geraham yang belum keluar. disaranin pake behel, tapi mama aku gak ngijinin padahal gigi posisinya gak karuan, rahang juga posisinya gak imbang kanan kiri dan atas bawahnya, gigi aku ngadepnya keluar, makannya sering ke gigit dan sariawan di pipi bagian sebelah kanan.

sambil ngaca aku perhatiin gigi yang sakit, ternyata geraham bawah paling belakang sebelah kiri tumbuh dengan ukuran raksasa, dia ngedorong gigi lainnya, tapi karena gak ada ruang, jadi tumbuhnya miring doooonk, dan itu jadi tempat bersarang sisa makanan karena ada bagian gusi yang nutup sebagian gigi yang belum keluar, jadi aku kebayang kalau gigi ini kejadiannya kaya geramaham yang dulu dicabut, infeksi dan tumbuh dengan tidak sempurna :((

Geraham yang atas tumbuh juga, gusi jadi sariawan, bengkak dan sakit, ini baru satu ruas loh, dan geraham kan ada 4 ruas, jadi masih akan 3 kali lagi ngalamin sakit kaya gini. cuma aku ngeri dia tumbuh nyengsol lagi kaya geraham yang bawah, sisa makanan bersarang, bolong lagi, infeksi, cabut gigi, gaaakkkk mauuuuuu. jadi kepikiran jangan-jangan gigi yang sakit ini karena kedorong gigi yang tumbuh?? karena rahang yang sempit dan ukuran gigi yang besar ini bikin gigi jadi sakit dan linu.

minum penahan rasa sakit tahannya cuma bentar, sabtu besok mau ke dokter deh Inshaa Allah, pasrah nanti mesti di apain, mau di tambal ulang takut sakit lagi, mau cabut nanti jadi ompong :( kumahaaa atuuuh. di rumah aku memang bukan keluarga yang ketat dan peduli banget soal gigi. tapiiii karena aku udah ngalamin kaya gini aku bertekad untuk lebih peduli terhadap kesehatan dan kebersihan gigi. terinspirasi juga dari acara variety show Korea Appa Odigga, dari kecil mereka diajarin kalau sebelum tidur harus sikat gigi dan cuci muka. di Islam? sebelum tidur disunahkan untuk melakukan PSWD, pipis, sikat gigi, wudhu dan doa. Subhanallah :)

Aku tiba-tiba kepikiran momen sakit gigi ini harus di manfaatin buat latihan jaga lisan. ya Allah, karena omongan yang gak baik bisa jadi nyakitin hati orang lain, berdebat untuk hal yang gak penting bisa bikin jadi musuhan. maaf, minta maaf terus tapi di ulang lagi yang salah ya lisan ini, masih suka ngomong apa yang gak perlu di omongin. sakit gigi ini bikin aku jadi banyak dzikir karena nahan sakit, banyak diem karena males ngomong. ngomong kalau penting aja. Tapi hal semacam ini harus terus dilakukan setiap hari, setiap saat bukan cuma waktu sakit gigi. menjaga lisan dari kata yang tidak perlu dan lebih baik digunakan untuk lebih sering berdzikir.

"Ya Allah, jagalah lisanku dari perkataan yang tidak baik. semoga ke depannya apa yang keluar dari lisan ini adalah hal-hal yang baik, bermanfaat, dan menyejukka"
Aamiin :)

 
-eF-
Kantor,
Sedang hujan dan sakit gigi..

Gambar :
http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSuP-0VgBLyfvEf tlbWtHgiyqFY2VlKerwLWe4OzaXf7gw_4EO
no image
Item Reviewed: Sakit Gigi? Latihan Jaga Lisan :) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!