Ooty (Part 2)

Dari Ooty Lake kita lanjut ke Botanical Governmental Garden, katanya ini milik pemerintah dan dibangun pada tahun 1848 dengan arsitek yang bernama William Graham McIvor. Taman seluas 22 hektar ini terletak pada ketinggian 2250-2500 mdpl. Taman ini terbagi menjadi 6 bagian yaitu Lower Garden, New Garden, Italian Garden, Conservatory, Fountain Terrace dan Nurseries. Untuk tiket masuknya gak terlalu mahal tapi kayanya udah umum deh di India ini kalau tempat wisata ada biaya untuk kamera. Dulu pas ke Sim’s Park kita bayar buat 3 kamera, sekarang sih kita bilangnya 1 doank kameranya, ahahah dan gak masalah tuh. Bahkan pas ke tea factory gak bilang bawa kamera tapi boleh masuk juga, foto-foto juga bebas gak ada yang minta bukti pembayaran kamera.
(Pilar Ashoka yang ada dimana-mana, sebenarnya apa sih pilar ashoka ini? hmmmh)

Beuuuuh yang ini tamannya lebih oke dari Sim’s Park. Luaaaas banget dan ada nuansa Inggrisnya, pas masuk langsung di suguhin meriam sama bangunan gaya Inggris gitu. Kita muter-muter taman aja, foto-foto sama ngeliatin aktivitas orang-orang. Ada yang main bola, gelar tiker, pacaran (teuteup yeee boo), foto-foto dan lain-lain. Banyak spot bagus buat foto, sayangnya gak bawa fotografer, jadi apa adanya sajalah fotonya, heheheh. Ada sih tukang foto yang langsung jadi gitu, ahahah kaya di Indonesia juga suka ada kan kalo di Borobudur.
(abaikan saya yang gendut banget)
(entah mengapa mereka berdua sangat cantik dan ganteng, Subhanallah)
(The Icon Of India, dimana-mana gajah :D)
(sengaja ukurannya aku besarin biar keliatan keterangan tentang fossilnya ehehehe)
 
Karena udah lapar dan udah masuk waktu solat akhirnya kita cari makanan. Gak yakin sama restoran yang ada jadi kita beli jagung bakar di pinggir jalan ada juga jagung rebus.  Abis gitu solat dulu, nyari mesjid susah banget untung ada orang Islam yang punya toko baik banget ngizinin kita solat di dalem tokonya. Abis makan jagung dan solat kita di jemput lagi sama abang bajajnya, langsung deh lanjut ke tempat ketiga, Tea Factory and Museum.
(jagung bakarnya, mas, mbak, ahahah aku pengen ketawa liat pembakarannya)

Dikira bakal gimana yaaah museumnya, ternyata cuma cerita tentang sejarah teh di dunia dan India. Dari situ kita keliling pabrik pengolahan teh, yaa meskipun gak beda jauh sama pabrik Indonesia tapi bagus juga mereka pasang keterangan untuk setiap proses yang terjadi di pabrik. Pas terakhir eeeh dapet teh gratis, biasalah kalau disini teh nya teh susu pake gula, tapi teh kali ini sih cardamom (kapulaga) tea, enak juga lumayan.
(museumnya cuma kaya gini, iyaaa sungguh kaya gini, ahahah, simple banget, pantesan tiketnya cuma 2000 rupiah)
(free cardamom tea after short trip in tea factory ;) )
(yang mau belanja teh silakan, bisa di beli di counter ini)

Dari pabrik pengolahan teh pas keluar ada tukang minyak-minyakan, nyari minyak buat numbuhin kumis sama jenggot gak ada tapinya, heuheu buat suami aku, bukan buat aku. Di belakang pabrik ada tempat pembuatan coklat, kita juga jadi bisa liat proses pembuatan coklat dan akhirnya kepincut beli coklat. Macem-macem 250 gram harganya 180 rupee. Selesai dari pabrik pengolahan teh udah jam 3, sebenernya masih ada 3 tempat lagi, tapi karena takut kesorean jadinya minta dianter langsung ke stasiun aja. Lagian 3 tempat yang lain juga taman, udah gitu bukan waktunya berbunga jadi kayanya gak terlalu oke. Sempet nawar minta diskon karena cuma ke 3 tempat tapi gak dikasih. Eheheh.
(ini dia bajaj yang nganter kita keliling Ooty, eheheh di tutupin gitu soalnya diluar hujan, biar gak basah jadi pake penutup di kanan n kiri bajajnya, tuh abang bajajnya ngintip, ahahahah)

Jadwal kereta buat pulang jam 5 sore jadi seperti biasa loketnya belum buka, baru buka jam 4.30. Sampe Coonoor jam 18.30 dan langsung cuuuss ke hotel. Udah malem dan udah cape banget. Kalau udah malem gitu ongkosnya jadi agak mahal.

Ini rincian biaya jalan-jalan ke Ooty, total untuk perorangnya 400 rupee saja untuk transportasi dan tiket masuk.
Ini biaya yang dibagi 3:
Bajaj ke Stasiun Coonoor         40
Bajaj kelilig di Ooty                800
Bajaj pulang ke hotel                70
Kamera di Ooty Lake              50
Ini biaya perorangan
            Tiket kereta (PP)                     20
            Tiket Ooty Lake                      10
            Tiket Botanical Garden            30
            Tiket Tea Factory                    20
Biaya tambahan (jajan :p)
            Jagung                                    20
            Chiki + air                              28
            Cokelat 20 gram                   180
            Tas tangan                            170

Velan Hotel
Libur Idul Adha
Latepost 7 September 2014
11:05
Ooty (Part 2)
Item Reviewed: Ooty (Part 2) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!