Jogja. Rakornas dan Cinta yang Tertunda (Part 1)


Waktu gue denger ada Rakornas di UGM gue pengen banget ngikut. Tapi di pikir-pikir masa gue ninggalin penelitian gue? Padahal lagi waktunya pengamatan. Tapi ternyata waktu itu  jadwalnya pas banget sama jadwal pengamatan gue yang bisa di tinggal sementara. Akhirnya gue memutuskan buat ikut. Untung gue langsung di izinin karna gue bilang dari Jogja mau ke Semarang. Secara udah lama banget gue sama mama gue ga ketemu kaka yang ada di Semarang. Mumpung ada kesempatan jadi mama gue mau berangkat.
Gue ga tau siapa aja yang waktu itu ikut. Gue Cuma tau temen-temen seangkatan gue doank. Gue, nuri, risty, nunuy, ucu, ika sama oom genit (waly). Pas mau berangkat gue baru tau kalo ada anak 2008 yang ikut, teddy sama rezka. Gue berangkat dari rumah jam tujuhan karna emang deket dari rumah gue ke stasiun. Temen-temen yang dari jatinangor udah duluan sampe. Gue sama risty agak telat. Di stasiun gue ketemu sama temen-temen faperta yang mau naek gunung. Gunung kidul apa gunung kelud lupa.  Risty minta anterin shalat, pas gitu gue papasan sama oom genit, rezka dan jengjreeeeeng... dongsaeng. Huaaah baru tau anak ini ikut :D
Sambil nunggu kereta kita foto-foto terus ngobrol ngalor ngidul. Briefing dulu. Mesti gimana di dalem kereta. Karna waktu itu kita naek kereta ekonomi dan brangkat jam 9 malem. Si dongsaeng kita sebut ‘anak bawang’ karna dia paling kecil. Ahahah dan gue adalah pelopornya. Akhirnya kereta dateng. Beuuuh mau masuk aja rebutan. Gue ketinggalan di belakang. Untung barengan sama rezka. Gue masuk duluan dan di dalem penuh sesak. Posisi duduk saat itu adalah nunuy, ika, oom genit. di sebrangnya ada ucu, teddy. Dan di sebelah ada dongsaeng, risty. Dan di sebrangnya nuri baru sendiri dan gue di suruh duduk di sebelah nuri. Jadi rezka duduk di bangku yang ada ucu sama teddynya.
Ga lama keretanya jalan. Buat yang ga biasa naek kereta mundur bakal berasa agak pusing. Dan si anak bawang ngerasa pusing. Alhasil tukeranlah nuri sama dia. Jadi nuri duduk sama risty dan gue duduk sama c dongsaeng. Ahiiiiwww. Pas ada tukang makanan lewat yang belum sempet makan pada makan dulu. Gue mah ga, karna uda makan dari rumah. Banyak banget tukang dagang yang hilir mudik sampe ada tukang dagang aksesoris yang kocak banget. Kita lagi cuek-cuek tiba-tiba dia ngegantungin jualannya di depan muka kita sambil teriak ‘gujlag’. Huahahahah kata-kata itu jadi happening banget di antara kita. Tiap ada yang bilang kata itu kita pasti ketawa. Lucu aja dengernya, ga ada artinya juga padahal. Bunyinya aja yang unik. Ahaha. Si penjualnya lempeng aja kita ketawa-ketawa.
Baru sejam si dongsaeng bilang cepet juga jalan keretanya. Padahal perjalanan masih 8 jam lagi. Huaahhahah. Lama-lama ga betah juga dia. Sampe akhirnya ketiduran. Gue meskipun ngantuk rada susah tidur (Craig David, insomnia – because i can’t sleep to you next to me. Ahahah. Ga denk). Akhirnya gue tidur juga. Pas bangun dia celingak celinguk. Gue tau dia mau apa, jadi gue tanya. ‘kamu ga pengen ngerokok?’. ‘nah itu dia pengen ngerokok tapi takut di tempatin tempat duduknya’. Ahahah kasian dia. Mana mungkin juga kita ngasihin tempat duduk sama orang lain. Akhirnya dia pergi ngerokok ke pintu dan kursinya di jagain sama kakinya nuri. Diantara kita semua Cuma dia yang ngerokok.
Sampe di tasikmalaya ada 2 cw akhwat naik k kereta. Mereka ga kebagian tempat duduk. Sebenrnya tempat duduk gue buat ber2, tapi masih cukup kalo buat diisi ber3. Karna gue tau ga mungkin akhwat itu mau duduk di sebelah si dongsaeng akhirnya gue tuker tempat sama dia. Jadi posisinya adalah dongsaeng, gue dan mba” akhwat. Dia kegirangan tukeran tempat sama gue karna dia bisa ngeliat gebetannya dia. Anak kecil. Baru kelas 4 paling. Ahhahah. Dia bilang cantik. Dan emang cantik. Lucu. Imut :D terus aja dia liatin. Terus dia komentarin. Ahahah lucu aja ngeliatnya kaya gitu. Waktu tidur gue sanderin pundaknya dia. Dia duduk paling pojok deket jendela. Bisa di bayangin kalo orang tidur kan jadi berat. Kalo ini kasusnya gue tambah berat. Dan mba” di samping gue juga tidur, nyender ke gue dan berat banget. Ahahah yang pasti si dongsaeng keberatan banget. Tapi dia cuek-cuek aja tidur. G ngomong apa-apa juga (ga enak kali yeee. Ahahah).
Karna gue udah tau kalo kereta ekonomi panas banget jadi gue prepare bawa kipas. Dia make kemeja jeans agak tebel gitu. Gue tau dia pasti gerah. Gue bilang buka aja kemejanya. Tapi dia ga mau karna ribet sambil meluk tas juga. Tapi lama-lama dia ga tahan juga. Hahahahha. Akhirnya dengan ribet dia buka kemejanya itu. Dia exciting banget deh. Nanya” ‘kita lewat terowongan g?’, gue lua-lupa inget tapi gue rasa lewat. Baru gue bilang gitu ada ibu-ibu nyeletuk ‘bentar lagi terowongan eeh’. Terus dengan mukanya yang lucu dia ngeliat ke gue. ahahah. Besok paginya gue kasih tau dia ada sunrise. Dia sibuk ngeluarin kameranya. Ngambil beberapa gambar dan gemes sendiri karna ga nemu momen katanya. Sekitar jam 6 kita sampe stasiun lempuyangan. Udah ada yang jemput kita, tapi kita di suruh bersih-bersih dulu. Karna cuman sebentar waktunya kita Cuma  sempet bersih” muka sama ganti baju. Kalo gue sih mandi :p . ahahahha.
Kita sampe di UGM dengan perut kelaparan. Udah lama nunggu ga di kasih makanan juga. Pas liat jadwal coffee breaknya masih lama. Akhirnya gue ngeluarin makanan yang gue bawa. Cuma susu kemasan, sama wafer kalo ga salah. Lumayan ganjel-ganjel dikit. Kita delegasi yang pertama dateng. Di susul sama delegasi dari Uni Braw. Terus kita kenalan. Ga lama dateng yang dari USU. Kenalan lagi. Dateng yang dari Un Soed. Kenalan lagi. Pas yang terakhir dateng dari IPB. Kenalannya belakangan. Ahahah mav yaa. Udah males berdiri kita. Kelaparan juga yang pasti. Acaranya lama mulainya. Jadi ngobrol”. Yang jelas foto”. Eheheh.
Setelah pembukaan ada perkenalan delegasi dan akhirnya coffee break juga. Terus siap-siap jumatan. Ada juga yang jadi perwakilan buat nyimpen tas ke penginapan. Salah satu nama penginapannya lucu banget. Anugrah wisma wisata dan kalo di singkkat jadi AWW. Hauahahahah Cuma delegasi unpad yang ngakak. Aww (awewe) dalam bahasa Sunda berarti perempuan. Ga tau kenapa pengen ngakak aja. Selain lapar, agak keleyengan juga kepala denger orang-orang ngomong bahasa Jawa. Ampuuun bledag bledug ga ngertiii -___-. Belum lagi yang ngomong bahasa medan dari USU. Dan kamipun delegasi UNPAD merajalela. Dengan perut lapar dan ga ngerti orang ngomong apa kita ngomong bahasa Sunda. Teriak-teriak dan sebenernya bahasanya kasar. Ga jelas juga ngobrol apa kita. Ngacapruk. Ahahahah.
Yang cw pindah ke gedung buat nanti rakornas. Yang cowo jumatan dan yang jadi perwakilan beresin barang pergi ke penginapan. Jalannya jauh cuuuyyy. Panas cuuuyyy. Lapar cuuuuy. Ahahah. Sampe di gedung ketemu dosen gue di UNPAD. Terus salaman dan ngobrol bentar. Di dalem ruangan adem banget ac nya. Jadi kita pada tiduur deh. Makan siang pun datang. Saking solider nya kita yang di tinggal nunggu dulu temen-temen yang belum datang. Tapi lama-lama ga tahan juga jadi makan duluan ahahah. Menunya gudeg. Enyak enyak enyak. Pake pindang telor n ayam. Ada kereceknya juga. Enyaaaaakk. Tapi buat temen yang ga suka makanan jawa ga enak katanya, ga suka. Ahahah.
Rakornasnya ga di mulai-mulai juga. Katanya  nunggu ketua HMPTI nya delegasi dari UNHAS. Makassar cuy jauuuhh. Akhirnya pas udah sore datanglah mereka dengan jas almamater berwarna merah. Ternyata buat sampe ke Jogja perjalanan mereka 27 JAM. Pake kapal laut booookk. Iya aja deh, kita aja yang make kereta dan cuman 9 jam udah cape banget. Ini dateng-dateng langsung rapat lagi. Hedeeeeehhh. Pas udah mau mulai ternyata draft buat rapat ga ada. Yang ada ga jelas itu dari mana dan berantakan. Suasana mulai panas. Kasian juga panitia dari UGM yang merasa terpojok. Akhirnya di pending dulu buat semuanya nyari dimana draft yang bener. Karna dari UNPAD baru ikutan kali ini kita jadi ga punya sumber buat di tanya”. Yang ada malah tidur dan yang cw-cw jalan-jalan. Ahahah.
Pas dimulai lagi masih juga itu draft belum ketemu. Pending lagi akhirnya. Pas yang ketiga kali di pending lagi sekalian shalat magrib dan makan. Kasian banget presidiumnya udah stres banget. Panitia kebanyakan 2009 dan 2010. Jadi mereka masih belum pengalaman. Pas makan heboh banget. Kita makan bareng di satu meja panjang gitu. Semuanya rame, pada ngomong. Yang paling heboh perwakilan dari Un Braw. Gue sebut dia si suheri (suka heboh sendiri). Ga tau nama aslinya siapa. Abis dia kalo ngomong udah kenceng suka ketawa sendiri. Dan katanya emang kalo di sana mereka paling heboh. Apalgi kalo rapat pasti rame banget, kalo ga berisik justru pada di tanyain. Heheh kita Cuma bengong” aja. Denger 1 aja udah pusing apalagi denger yang rapat.
Waktu rapat terbatas karna gedung ga bisa di pake sampe malem dan ga ada alternatif tempat lain dan kendaraan udah susah kalo malem.  Akhirnya jam setengah sepuluh udahan rapatnya. Tapi, buat kita anak-anak UNPAD beres rapat berarti baru mulai kegiatannya. Kegiatan jalan-jalan. Ahahah. Sekitar jam 22.30 anak” cowo dateng ke penginapan cw. Dan kita pun ngajak orang-orang yang mau ikutan jalan. Waktu itu Cuma delegasi unpad sama IPB. Pas mau turun ada yang lagi nonton bola. Kasian banget mukanya. Ternyata namanya Iqbal. Delegasi dari UNHAS. Cape kali yeee. Ahahah dia juga ikutan jalan akhirnya. Kita ngopi joss di deket statsiun Tugu. Sbelumnya kita foto” dulu di Tugu. Kita make mobil bak deh ke sana. Karna emang susah banget kendaraan di Jogja. Lain sama di Bandung meskipun malem tapi masih rame. Bayarnya 3000 doank. Dari tugu kita jalan rame” dan ngobrol. Saling mengakrabkan diri. Eheheh. 
Ternyata Jogja kalo malem rame banget sama anak muda. Yang ngamen juga banyak. Soal kopi joss udah gue ceritain di Gue Si Doyan Makan. Iqbal duduk di sebelah gue. Dia request lagu apa ya lupa sama tukang ngamen. Ngobrol” sedikit tentang perjalanan dia dari Makassar ke sini. Kasian juga di jalan tidurnya di mushala kapal. Ahahah. Sabar yaaa. Dari tanjung perak masih terus lagi ke Jogja. Yang dua lagi namanya Chakra dan Uki. Tapi mereka ga ikut ga tau kemana. Sekitar setengah 1 kita pulang ke penginapan masing-masing make taksi. Seorang ongkosnya 5000. Dan kita langsung tepar...
Jogja. Rakornas dan Cinta yang Tertunda (Part 1)
Item Reviewed: Jogja. Rakornas dan Cinta yang Tertunda (Part 1) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!