Romantisme Vespa


Kalo ngomongin soal vespa pasti identik dengan sesuatu yang antik dan klasik karna memang begitulah vespa. Sedikit sejarah tentang vespa. Vespa pertama kali di buat sekitar tahun 1945. Vespa berasal dari kata ‘wesp’ yang artinya menyengat. Jika diperhatikan dari bagian atas konstruksi vespa seperti lebah atau serangga penyengat. Vespa di produksi di Italia yang kemudian beredar  di daratan Eropa. Seperti Perancis, Inggris, Jerman, Brasil bahkan India. Vespa juga di produksi di Jerman. Pabrik pertamanya di Italia yaitu Piaggio yang pada awalnya membuat onderdil kereta api, pesawat terbang, kapal dan lain-lain. Bahkan vespa pertama rodanya adalah roda pesawat terbang dengan bodi alumunium seperti pesawat terbang. Vespa masuk ke Indonesia pertama kali saat presiden manghadiahi prajurit yang berjuang di Congo. Dengan demikian istilah Vespa Congo pasti dikenal di kalangan pecinta vespa. Sejak saat itu vespa mulai menjadi alternatif kendaraan beroda dua yang di pilih oleh masyarakat. 

Di masa sekarang ada banyak komunitas kendaraan bermotor. Salah satunya SOG (Scooter Owner Group) pusatnya di Bandung dan keanggotaannya sampai ke Singapore dan Malaysia. Indonesia juga katanya salah satu surganya vespa. Mulai dari yang paling tua sampe yang paling baru ada di Indonesia. Komunitas ini biasanya melakukan touring ke berbagai tempat atau mengadakan berbagai acara amal. Yang pastinya berbagi informasi tentang vespa. Ada beberapa alesan kenapa orang milih vespa (berdasarkan survey dari 3 orang temen gue pengguna vespa : Burhan, Ahong dan Faqot). Gini katanya :

1.       Ga punya duit buat beli motor mahal :D
2.       Gaya abis sepanjang masa.
3.       Sesama pengguna vespa punya solidaritas yang tinggi, salah satunya kalau mogok di pinggir jalan jangan takut ga ada yang nolongin.
4.       Keitung aman meskipun di simpen di pinggir jalan. Yang penting jangan lupa buat ngunci stang. Dan ga semua orang tau gimana cara nyalain motor vespa.
5.       Anti polisi. Emang jarang denger atau liat kalo pengguna vespa kena tilang, meskipun ga ada spionnya.
6.       Daya tarik para wanita galau.
7.       Yang paling penting, klasik, unik dan romantis :)

Setau gue vespa emang ga terlalu mahal kaya motor bebek biasa. Temen gue beli ada yang mulai 2,5 jutaan kalo ga salah. Meskipun motor tua dan kadang-kadang mogok tapi vespa termasuk yang gampang perawatannya. Diliat dari bodinya juga termasuk gampang di cuci karna onderdilnya di tutupin bodinya. Temen gue juga jarang ngeluh tuh soal vespanya. Tapi, buat masalah onderdil rada susah nyarinya katanya. Kadang harganya juga rada mahal. Bengkel khusus vespa juga jarang. Biasanya yang ada label Piaggio nya. Burhan pernah bawa ke gunung, ga gunung” amat sih. Cuman bisa juga di bawa di jalan yang jelek atau nanjak.

Karna gue suka nebeng Ahong gue juga tau kalo vespa isi bensin mesti di campur apa ya oli samping kalo ga salah. Katanya biar g gampang rusak mesinnya. Terus emang solidaritas diantara pengguna vespa tuh tinggi. Ahong sering banget nyapa pengguna vespa lain di jalan, padahal ga kenal sma skali. Dan pengguna vespa itu juga dengan ramah slalu membalas senyum atau sapaan Ahong. Brother, itu panggilannya. Mereka juga ga segan-segan buat nolong yang lagi mogok, karena katanya yang punya vespa itu alatnya beda sama motor biasa. Pernah suatu hari Ahong dengan sok gaya ngebalap motor Ninja. Syuuuung ninja ke susul. Di dukung sama pernyataan Faqot ternyata vespa emang bisa ngebalap ninja. Ahahah g ngerti apa penjelasannya, ada tentang banlah, cc lah, 4 tak lah. Iya aja deh gue ga ngerti. Ahahah. Tapi kayanya soal yang ini gue di tipu deh. Ahaha :D

Ternyata ketiga-tiganya berfikir sama kalo vespa itu identik dengan romantisme. Kalo Burhan alesannya seneng aja ngeliat pasangan-pasangan yang make vespa. Keliatan deket satu sama lain katanya. Terus berasa di bawa ke tempoe doeloe. Hoehoehoe.. :D Lain lagi sma Ahong yang punya trik licik. Dia bilang letak romantisnya adalah saat naek motor berdua sama cw terus motornya mogok. Itu buat ngetes kesetiaan seorang cw (dan kesabaran tentunya, udah naek vespa, mogok, ujan lagi. Huahahahah). Kenapa gue bilang itu trik licik? Karena peristiwa mogok itu adalah rekayasa semata. Ahahah. Burhan belum pernah ngalamin kaya gini, Faqot juga karna punya vespa setelah single. Jadi sepertinya trik Ahong ini bakal jadi inspirasi buat mereka. Buat gue romantisme sebuah vespa ituuu...

Kamu datang, mengetuk pintu rumahku.
Terima kasih kau turut serta membawa senyum manismu.
Di balik sekuntum bunga ......
Si merah.
Vespamu yang setia.
Membawa kita menyusuri jalan itu.
Kita melawan angin sayang.
Lembutnya ia membelai wajahku.
Tawamu terdengar renyah saat itu.
Membuatku tersipu mendengarnya.
Aroma lautan.
Ombak.
Camar.
Suara pengiring perjalanan.
Lihat.
Lihat matahari itu sayang.
Seolah tersenyum dan bersembunyi  malu.
Dia iri rupanya.

Pantai. Matahari terbenam. Ngobrol di atas vespa. Ditemenin suara” lautan. Aromanya yang berbeda. Dan ada kamu (entah siapa) disampingku. Ehehhe mungkin kedengarannya biasa aja, tapi buat gue yang lebih suka pantai hal itu bisa jadi sangat berbeda. Vespa. Klasik. Unik. Romantisme. Begitu ceritaku. Apa ceritamu??? #ngiklan

                        Vespa Faqot                                              Vespa Ahong

                   Bumbleblue 1995                                            No Name 1994
Romantisme Vespa
Item Reviewed: Romantisme Vespa 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

ahh si_ujang eweuh gambarna euy :(

ahhaha ada ketang, tapi ada akunya.. aaah era :D mana atuh c ujang na??? geus d tebus ncaaaan???

Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!