Festival Petualang Nusantara 2011 (Part 1)

Gue denger tentang Festival Petualang Nusantara 2011 (FPN) udah dari bulan september, gue ngajakin temen” buat ikutan tapi ternyata pada susah di ajakin, alesannya sih penelitian. Tapi akhirnya nemu partner juga buat berangkat kesana, c om genit Waly namanya (temen kampus gue yang genit kaya om”). Awalnya temen 1 tim kita anak 2009 namanya Dwi, tapi dia gak jadi ikut karena orang tuanya mau berangkat haji. Posisi Dwi diganti sama Imel temennya Waly. Dan daftarlah kita FPN 2011.

Kita berangkat dari Jakarta (st. Pasar Senen) make kereta matarmaja (Jakarta-Malang). Sempet agak deg”an karena sampe kereta mau brangkat (jam 2 siang) temennya Waly belum dateng juga, tapi pas injury time c Imel dateng. Meskipun pake kereta ekonomi dan perjalanannya selama 16 jam, kondisi di dalem kereta cukup nyaman. Pertama karena perjalanannya malem jadi gak banyak orang jualan. Kedua, dengan adanya peraturan baru bahwa semua penumpang harus duduk jadi berasa lebih leluasa. Mungkin waktu itu juga bukan weekend atau hari libur jadi keretanya emang rada kosong, bahkan kursi untuk ber3 diisinya ber2 doank. Kalo diitung” perjalanan ke malang lebih murah loh kalo berangkat dari jakarta dibanding berangkat dari bandung. Kalo pake kereta Malabar (Malang-Bandung Raya) yang kelas ekonomi itu Rp 125.000. tapi, kalo berangkat dari jakarta cuman ngabisin Rp 83.000 (bis primajasa Rp 26.000, busway Rp 3500, angkot Rp 2500, kereta Rp 51.000). jadi hemat Rp 42.000 teman-teman. Ahahah.

Seperti biasa jangan takut kelaparan kalo di kereta ekonomi. Banyak banget orang jualan makanan. Mulai dari nasi pecel yang harganya Rp 3.000 atau nasi ayam yang cuman Rp 5.000. ada juga nasi rames, nasi telor, mie rebus, kopi, teh dll. Yang jualan cemilan juga banyak, keripik, kerupuk, terus kalo perlu alat pijat reflexi juga ada, yang jualan batere hape, pulsa, head lamp, pokonya jadi toko serba ada. Eheheh. Enaknya berkreta ekonomi di malam hari adalah sepi pedagang, meskipun ada yang lalu lalang tapi gak serame kalo naek kereta pagi”. Puadeeeeeeeet minta ampun, belum lagi desek”an sama penumpang yang baru naek atau yang mau turun.

Setelah 16 jam naek kereta, kita masih harus lanjut ngangkot untuk sampe ke Coban Rondo. Beruntungnya kita adalah bareng dengan bapak” yang aseli orang Malang. Jadi kita gak perlu ribet nanya orang buat tau angkot apa yang harus kita naekin buat sampe di Coban Rondo. Hampir tertipu dengan abang” angkot yang sok baik nawarin angkot sampe ke Coban Rondo dengan harga Rp 90.000. Dari stasiun Kota Baru Malang kita bisa pake angkot AL atau ADL sampe terminal landungsari. Dari sana lanjut lg angkot yang ke terminal Batu tapi tanya dulu jangan sampe lewat dawu karena itu bakal muter” banget ke komplek perumahan. Di terminal Batu ada pasar, jadi kita belanja dulu kebutuhan kelompok yang kurang kaya beras, bumbu”, cemilan dll. Dari sana kita naek minibis malang indah sampe depan patung sapi, ongkosnya cuman Rp 3000 aja. Dari patung sapi kita harus jalan kurang lebih 500 meter buat sampe ke gerbang masuk Coban Rondo/tempat registrasi FPN 2011. Tapi baru jalan dikit ternyata ada angkutan panitia berupa truk yang dipake buat jemput peserta. Jadi alhamdullillah yah gak usah jalan kejauhan. Eheheh. Oh iya ada 1 hal yang sangat mencengangkan dan agak mengeselkan, bahwa tarif angkot di malang adalah jauh dekat 2500. Gedek banget naek angkot cuman sekepretan bayarnya juga tetep 2500 -.-“

Setelah registrasi kita ikut upacara pembukaan FPN 2011, ada sambutan dari perwakilan menteri kehutanan dan ada tarian penyambutan namanya topeng ireng kalo gak salah.

Beres pembukaan kita langsung ke tapak kemah, dapet lapak no 23. Imel sama Waly pergi jumatan sementara gue tidur siang di tenda, ahahah. Coban rondo dingin tapi biasa aja, meskipun sering berkabut tapi gak parah banget dinginnya. Gak tau gak dapet dingin yang sebenernya aja ya? Hmmmh. Setelah beres jumatan ternyata turun hujan yang cukup deras, jadi acara setelah jumatan tertunda sampe kira” jam 4 sore. Agak panik waktu flysheet nya rembes ke sana sini. Si Imel sama Waly sibuk ngebenerin dan gue lagi” cuman ngaso. Ahahaha. Karena kita belum sarapan dan makan siang. Kiata masak mie di dalem tenda karena diluar ujan. Terus ci Waly bela”in beli bakso buat temen makan mie nya, sedaaaap, perut kenyang ngantuk datang, mana tempatnya dingin enak banget bergulung di dalem sleeping bag :D eheheh.

Acara pertamanya adalah kita boleh memilih stand dan materi mana yang mau diikuti. Kebetulan waktu itu gue milih Yayasan Survival Indonesia (YSI). Weeeeh keren abis jadi pengen ikutan pelatihannya deh, ada yang khusus buat cewek juga loh. Dari situ kita dapet materi yang cukup singkat tentang bagaimana peran YSI dalam pencarian korban, terus cara” survival di hutan, dan masih banyak materi lainnya.

Waktu lagi istirahat tiba” ada anak kecil nyapa Waly n Imel. Dia bilang “hai aku mau ketempat ular. Aku pake jas hujan. kalian kalo mau pergi pake jas hujan ya”. Alamak macam kita anak tk aja pake di kasih tau begitu segala. Ahaha. Namanya Reina Rinjani, dipanggil Rere. Paling baru umur 4 atau 5 taunan. Selengkapnya gue ceritain nanti deh, khusus soal dia :p Gue sama Waly ngecas hape (bayar Rp 2000 di warung), sementara Imel ngejemput temen kita satu lagi. Namanya Mia, dia kuliah di malang tapi baru sempet nyusul pas sore”. Abis maghrib kita masak makan malem dengan menu nasi liwet dan lauknya kornet. Agak ga nyambung tapi kalo lagi laper mah hajaaaaaar bleeeeeeeehh :D

Acara malem hari ada tarian tradisional jawa Timur an gitu. Yang nari anak” kecil berempat lucu banget.

Abis gitu ada bagi” doorprise dan ngobrol bareng sama petualang” senior, ada Kang Bongkeng, Kang Hari Macan sama lupa 1 lg dr travel writter, sesepuh semua pokonya :D tapi gue gak ngikutin sampe beres gara” mata gue gak beres alis ngantuk :p akhirnya gue, Mia dan Imel tidur duluan, sementara Waly nyari mangsa gak tau kemana. Ahahah.
Festival Petualang Nusantara 2011 (Part 1)
Item Reviewed: Festival Petualang Nusantara 2011 (Part 1) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

ditunggu lho part 2 nya,,hehehe

Wah di Coban Rondo ya, saya dulu pernah ada acara ospek fakultas waktu masih berstatus mahasiswa, duluuu banget tapinya hehehe

siap siap... bentar lg d posting part 2 nya :D eheheh..