India Oh India

“A, teteh disuruh ikutan kursus ke India, gimana?”
“Wah ke India? berapa lama emangnya?”
“2 bulan tapi, lama banget”
“Ya ga apa-apa, sok aja, kamunya mau gak”
“Hmmh setengnah-setengah sih, lama banget soalnya”
“Kapan?”
“Dari 1 September sampe 31 Oktober A”
“Oh ya udah sok aja, mumpung belum punya anak, kalo udah punya anak mah gak boleh lah lama-lama gitu”
“Hmmh iya atuh”
“Cuma 2 bulan gak ada yang 6 taun gitu?”
“Eey jahat”
“Hahahahahah”
***
Setelah percakapan itu persiapan kursus ke India dimulai, mulai dari ngisi formulir, medical check up dan ngurus ini-itu ke Kedutaan Besar India di Jakarta. Sebenernya hati ini setengah-setengah mau ikut kursus apa gak, soalnya lama banget. Mana sebelumnya aku juga abis ninggalin suami aku diklat di LIPI 3 minggu. Aduuuh kangen banget, padahal masih deket cuma di Cibinong tapi karena kegiatannya padet banget jadi tetep aja gak bisa pulang. Kalo sekarang kan jauh banget di India, kalo kangen ya mana bisa pulang, paling banter telpon atau video call.
Di sisi lan juga agak exciting pengen tau gimana sih India, kebudayaan dan lain sebagainya. Kalau materi kursusnya sendiri sih gak jauh beda sama materi masa orientasi dulu, tentang teh dari hulu ke hilir. Jadi ya salah satu alasan yang masih bisa bikin semangat adalah buat eksplore sana sini nanti. Awalnya menggebu-gebu pengen banget ke Taj Mahal, taunya itu jauh banget dari tempat kursus aku. Tempat kursus aku sih di daerah pegunungan juga di Coonoor, India Selatan, naah si Taj Mahal ini di India Utara. Bisa naek kereta 3 hari 2 malam coba, jaraknya aja hampir 3000 km, wahahahahah. Kalo naik pesawat ya lumayan mahal, belum ditambah penginapan, makan dan lain-lain. Uang sakunya bisa abis gak jelas juga kalo gitu sih, hahahah.
Akhirnya setelah dibuat agak deg-deg an juga karena H-5 sebelum keberangkatan masih belum dapet kabar dari kedutaan apakah di izinin untuk berangkat atau gak. H-3 kita ke kedutaan buat ngurus visa, hadeeeh lumayan ribet juga ternyata. Setelah visa selesai dan dapet tiket, hari minggu tanggal 31 Agustus kemarin aku berangkat ke India sama 2 temenku dari kantor. Huaaaah sejujurnya pengen nangis banget pas mau cek in, abis cium tangan sama suami dia langsung kirim sms yang isinya nyebelin banget “take care honey, i love you”. Idiiiihhh sok sok an nyuruh 6 taun di sini, baru mau cek in aja udah di sms kaya gitu. Hiks hiks, untung mamah gak ikut nganter, kalo ikut nganter pasti ammah udah nangis duluan yang berefek aku juga pasti nangis.
Bismillahirahmanirahim, semoga selama 2 bulan disini aku dapat ilmu yang barokah dan bisa diamalkan nantinya. Inshaa Allah sejauh apapun jarak kita Allah akan selalu melindungi, titip mamah, titip suamiku dan orang-orang yang kucinta di Indonesia sana Ya Allah, aku belajar dulu disini.
Velan Hotel,
Coonor,
02/09/2014
06:08

I LOP YU !! :* :* :*
India Oh India
Item Reviewed: India Oh India 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!