Festival Petualang Nusantara 2011 (Part 2)

Part 1

Besok pagi gue dan temen” bangun dengan shock terapi. Bukan karena apa” tapi karena jam 5 subuh sudah seperti jam 7 pagi. Alhasil kalang kabut buat buru” solat subuh deh. Ga inget kalo kita lagi ada di daerah timur, otomatis subuhya jadi lebih pagi :D selesai shalat kita siapin sarapan, karena mau trekking jadi harus ke isi dulu perutnya. Waktu itu sarapannya gue rasa nasi pake sarden, pas lagi sarapan ada mbok” jualan kerupuk, pucuk di cinta ulam pun tiba. Asoooy banget makan pake kerupuk, pas banget sardennya pedes ditambah gurihnya sarden. Ajib pokonya :D

Selesai sarapan dan mandi kita muter” ke stand lagi. Kebeneran ada stand SIOUX, gue suka uler apalagi yang warnanya cerah. Jadi, disana gue bisa foto” sama macem” uler, dikenalin juga sama jenis” uler yang beracun dan gak beracun. Gue udah lama pengen melihara uler, karena gue pikir simpel gak usah sering dikasih makan atau dimandiin. Tapi mama gue ngelarang gue melihara uler, padahal phyton albino lucu banget, huhuhu :(



Dari stand SIOUX kita berkumpul di plasa depan panggung untuk briefing. Karena kemarennya kita ngambil materi SAR, jadi fun trekking kita ditambah juga simulasi jadi SAR. Ceritanya kita jadi tim SAR yang mau nyari orang kesasar di gunung, kita dikasih petunjuk tentang orang ilang itu. Kita melakukan pencarian tipe 3 (penyisiran kalo gak salah istilahnya), jadi kita baris memanjang dengan jarak masing” orang 5 langkah. Kita cuman harus berjalan lurus dan ikutin koordinat, baca peta dan liat kompas.

Tapi, itu salut banget deh sama petugas SAR, kita mana udah ngelurusin barisan aja lama, pada gak bisa baca kompas, disuruh jalan lurus kita belok-belok gak tau kemana. Harusnya kita nyari barang bukti yang ditinggalin korban, tapi karena udah cukup sibuk dengan semak” setinggi kepala konsentrasi buat nyari barang bukti juga terlupakan begitu sajah. Sempet berhenti beberapa kali buat ngelurusin barisan, dan lagi” barisan berantakan waktu mulai jalan. Kalau emang beneran ada korban yang lagi kelaparan dan sekarat dia milih mati aja daripada ditemuin sama kita tim SAR gadungan. Belum lagi kalo ketemu kita bakal bingung banget gimana nanganin si korban :D bisa” langsung dikasih nafas buatan padahal yang sakit kakinya.

Sampe di ujung tempat pencarian kita gak nemu bukti apapun, bahkan ngira kalo si korban sebenernya gak ada. Padahal kata panitinya barang buktinya ada dan korban juga stand by di tempat, yaah itu tadi karena jalan kita gak lurus sebagaimana mestinya si korban jadi tidak ditemukan. Waktu istirahat kita malah sibuk foto” bukannya ngedengerin penjelasan panitia. Dan bencana juga datang di saat yang tidak tepat, karena makan malem liwet pedes dan sarapan sarden pedes gue mules”. Untungnya ada kamar mandi di deket situ, haaah kebayang harus nahan mules di perjalanan. Udah jalannya naek turun, track nya juga masih jauh banget.



Abis latihan SAR, kita lanjutin perjalanan ke pos survival. Pematerinya ada Kang Bongkeng dan Kang Asep asistennya. Disana kita diajarin cara nyalain api, milih tanaman yang aman untuk dimakan, cara bikin biouvac, trap untuk mamalia dan burung, dan trik” sederhana bertahan di alam liar. Waktunya terlalu singkat, jadi materi yang disampaikan juga cuman materi pokoknya aja. Di sana kita istirahat makan siang. Abis makan siang kita foto” lagi :D dan lanjutin ke pos berikutnya yaitu pos navigasi.



itu yang sebelah kiri jebakan buat mamalia, dan yang kanan buat buruuung..



yang ini biouvac dari tumbuh"an.. di pake waktu siang hari, biar ga fanaasssh...

Di pos navigasi kita dikenalin berbagai macam peta, cara pake kompas dan nentuin dimana posisi kita didalam peta.



Dari pos navigasi perjalanan mau diterusin ke Coban Rondo, tapi karena udah sore dan mendung jadi dari pos navigasi kita langsung balik ke camp. Sampe di camp udah jam 5 sore dan kita langsung shalat terus istirahat sebentar. Karena acara FPN ini menganut green lifestyle, jadi sore itu adalah waktu buang sampah. Buang sampahnya gak sembarangan tapi, kita harus milah sampah. Mana sampah daur ulang, sampah organik dan sampah yang bisa dikirim ke pengrajin. Keliatannya sepele, tapi ternyata waktu sampah dikumpulin dari tenda” peserta jadinya ya menggunung juga.

Malemnya ada pertunjukan seni lagi, tapi pertunjukannya beda sama malem sebelumnya. Kalo sebelumnya yang nari anak” kecil, ini mbak” yang sudah dewasa berpakaian sexy. Awalnya cowo” antusias banget mantengin mbak” itu nari, tapi lama kelamaan bosen. Alasannya adalah narinya gak kompak, gak jelas nari apa, dan wardrobe yang di pake pada lepas kemana”. Akhirnya selesai pertunjukan ketiga mbak” itu saling cakar dan saling menyalahkan karna narinya gak kompak. Ahhahahah berlebihan deng. Selesai itu ada beberapa band lokal yang bawain lagu” blues dan reggae. Karena udah cape seharian jalan jadi gue gak ngikutin acaranya sampe beres, kembali ke camp dan bersiap tidur.

Tetapi ooh tetapi, di camp ada Mel dan Mia yang sedang memasak. Beruntung sekali gue sampe sana udah tinggal makan, karena kebeneran gue masuk angin, kepala pusing banget dan perut mual. Abis makan gue minum obat dan tepar sampe besok pagi. Kita sengaja gak nyisain Waly makanan, dan ternyata emang bener dia bilang udah kenyang karena dapet coklat dari tenda tetangga (yang di sekilin sama dia). What? Hadeeeh.
Festival Petualang Nusantara 2011 (Part 2)
Item Reviewed: Festival Petualang Nusantara 2011 (Part 2) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

wiiiih, c mbak berani banget megang ular...kalo saya mah udah mabur duluan liat ular, hehehe :)

ahahah uler itu gak menakutkan koo neng.. eheheh... gak jijik juga meskipun bersisik..

Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!